Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Local Guide Terhadap Kepuasan Wisatawan di Kawasan Destinasi Lobang Jepang Taman Panorama Kota
Abstract
Kepuasan wisatawan merupakan sebuah sikap dan tingkat yang dirasakan oleh wisatawan, dengan kata lain kualitas pelayanan yang diberikan harus memenuhi keinginan dan harapan wisatawan tersebut. Peningkatan kualitas suatu destinasi wisata pun sangat dipenting dilakukan guna terus meningkatkan kualitas yang diberikan pada wisatawa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mengkaji pengaruh tingkat kualitas pelayanan local guide terhadap kebahagiaan pengunjung di Taman Panorama Japanese Lobang Kota Bukittinggi, objek wisata yang populer. Pendekatan kuantitatif deskriptif digunakan dalam penelitian ini. 100 responden yang dipilih secara acak dari wilayah Lubang Jepang dijadikan sampel. Temuan persamaan regresi linier sederhana berdasarkan pengolahan data yang dilakukan dengan uji berganda adalah Y = 5,482 + 0,798 X, menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan Local Guide (X) berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel kepuasan wisatawan (Y). Hasil uji t menunjukkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak, serta nilai R-Square sebesar 0,564 atau (56,2%) dan nilai adjusted R-Square sebesar 0,558 atau 55,8% menunjukkan bahwa pengaruh kualitas pelayanan Local Guide sebesar 56,2% terhadap kepuasan wisatawan dan sisanya sebesar 43,8% dipengaruhi oleh variabel lain seperti kualitas produk wisata, citra emosional, harga, dan biaya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Algifari. (2016).Statistik Induktif untuk Ekonomi dan Bisni.Yogyakarta : UPP AMPYKPN edisi ke II.
Dana Liga Surya. dkk (2015). PengantarPemasaranPariwisata.Bandung: Alfabeta.
Ismail Nurdin.(2019).Kualitas Pelayanan Publik (Perilaku Aparatur Komunikasi Birokrasi Dalam Pelayanan Publik. Surabaya : Media Sahabat Cendekia.
Gusti, I. Bagus Rai Utama. (2017). Pemasaran Pariwisata. Yogyakarta : Penerbit ANDI.
Suyitno. (2010). Pemandu Wisata (Tour Guiding). Yogyakarta : Penerbit Graha Ilmu Jakarta : PT.Pradyaparamita.
Suwena I Ketut, I Gusti Ngurah Widyatmaja. (2017). Pengetahuan Dasar Ilmu Pariwisata.Denpasar Bali : Pustaka Larasan.
Situmorang Syafrizal Helmi. (2009). Bisnis : Perencanaan Dan Pengembangan. Jakarta : Mitra Wacana Media.
Yoeti Oka A. (2015). Customer Services Cara Efektif Memuaskan Pelanggan.
DOI: http://dx.doi.org/10.31958/i-tourism.v4i1.10572
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 geby putri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
View My Stats