Pengembangan Produk Wisata Dalam Mendukung Wisata Bahari Sumatera Barat (Studi Kasus Pulau Pasumpahan Kecamatan Bungus Teluk kabung)

Ulil Amri, harry yulianda, pepy afrilian

Abstract


Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui, Pengembangan Produk Wisata Dalam Mendukung Wisata Bahari Sumatera Barat (Studi Kasus Pulau Pasumpahan Kecamatan Bungus Teluk Kabung) yang terkandung didalamnya. Penelitian ini menggunakan metode kualitattif deskriptif. Data yang dikumpulkan dengan melakukan wawancara terhadap pengelola objek wisata mengenai Pengembangan Produk Wisata Dalam Mendukung Wisata Bahari. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan Pengumpulan Data, Reduksi Data, Penyajian Data dan Penarikan Kesimpulan data. Serta keabsahan data yang digunakan meningkatkan kecermatan dalam penelitian. Dengan meningkatkan kecermatan dalam penelitian maka kepastian data dan urutan kronologis peristiwa dapat dicatat dan direkam dengan baik.Berdasarkan hasil penelitian penulis dapat disimpulkan bahwa Pengembangan Produk Wisata Dalam Mendukung Wisata Bahari Sumatera Barat (Studi Kasus Pulau Pasumpahan Kecamatan Bungus Teluk Kabung) terdapat dalam konsep 3A yaitu Atraksi, Amenitas dan Aksesbilitas.Kata Kunci :. Atraksi, Amenitas dan Aksesbilitas di pulau pasumpahan   

Full Text:

PDF

References


Afrilian, P., & Rustika, D. (2022). Dan Olahraga Dharmasraya Dalam Pengembangan Objek Wisata Candi Pulau. 1(2).

Ahvalun Nisvi, N. (2021). Analisis Konsep 3A (Atraksi, Amenitas Dan Aksesbilitas) Dalam Pengembangan Wisata Religi Makam Ki Ageng Tarub Desa Tarub kecamatan Tawangharjo Kabupaten Grobogan. Eprints. Walisongo.Ac.Id, Md, 1-107.

Chaerunissa, Safira Fatma dan Yuniningsih, Tri. (2020). Analisis Komponen Pengembangan Pariwisata Desa Wisata Wonolopo Kota Semarang, Journal of Public Policy and Management Review, Vol. 9 No. 4.

Fadeli, Chafid dkk. (2000). Pengusahaan ekowisata. Yogyakarta: Fakultas kehutanan UGM.

Hadiwijoyo, Surya Sakti. (2012). Perencanaan Pariwisata Perdesaan Berbasis Masyarakat (Sebuah Pendekatan Konsep). Yogyakarta: Graha Ilmu.

Ismayanti, (2020). Dasar-Dasar Pariwisata Sebuah Pengantar. Jakarta: Universitas Sahid.

Kotler, Philip dan Kevin Lanne Keller. (2009). Manajemen Pemasaran. Edisi Ke 13. Jakarta: Erlangga.

Muljadi, A.J. (2012). Kepariwisataan Dan Perjalanan. Jakarta:PT. Raja Grafindo Persada.

Natasha Dessy Putri Ramadhani, Rini dan Heri Setiawan. (2021). Pengaruh 3A Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan Pada Objek Wisata Air Terjun Temam, Jurnal Terapa Ilmu Ekonomi, Manajemen dan Bisnis, Vol. No. 3

R.G. Soekadijo. (2003). Anatomi Pariwisata. Dalam Sulfi Abdul Haji. “Pengaruh Atraksi, Aksesbilitas, Dan Fasilitas Terhadap Citra Objek Wisata Danau Tolire Besar Di Kota Ternate”. (Hal.137). Jurnal Penelitian. Vol.7 No. 2. November 2016.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suwantoro, Gamal.(2001). Dasar-Dasar Pariwisata. Andi: Yogyakarta.

Yahya Abdul Rahman, Pengembangan Pulau Pasumpahan Sebagai Destinasi Wisata Bahari Di Padang Sumatera Barat, Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo (Stipram) Yogyakarta ,2018

Yoeti, O, A. (2003), Pemasaran Pariwisata, Bandung:CV. Angkasa.

Yulianda, H., Afrilian, P., Ekonomi, F., Iain, I., Sudirman, J. J., Kaum, L., Kab, B., & Datar, T. (2021). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan dalam penanganan dokumen perjalanan wisata umroh di tara tour selama periode liburan hari raya idul fitri 2018. Imara: JURNAL RISET EKONOMI ISLAM, 5(1), 23–32




DOI: http://dx.doi.org/10.31958/i-tourism.v4i1.12051

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Ulil Amri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats