Bauran Pemasaran Jasa Pendidikan dalam Menarik Minat Siswa di MAN 1 Kota Padang Panjang

Yanti Elvita, Vellia Multafi’ah, Muhammad Fazis

Abstract


Penelitian yang di lakukan di MAN 1 Kota Padang Panjang bertujuan untuk mengetahui tahap yang digunakan serta tingkatan produk dalam bauran produk pemasaran jasa pendidikan dalam menarik minat siswa baru di MAN 1 Kota Padang Panjang. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan sumber data kepala madrasah MAN 1 Kota Padang Panjang, wakil kesiswaan, wakil humas, ketua PPDB 2023/2024, orang tua/wali siswa, dan siswa/i MAN 1 Kota Padang Panjang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa langkah-langkah yang dilakukan MAN 1 Kota Padang Panjang dalam bauran produk pemasaran jasa pendidikan adalah menentukan jenis produk, menentukan varian produk, menentukan kualitas produk, menentukan kualitas produk, dan melakukan inovasi produk. Selanjutnya ada tingkatan produk yang digunakan MAN 1 Kota Padang Panjang, yaitu nilai manfaat inti, produk dasar/umum, produk harapan/ekspektasi, nilai tambah produk, produk berpotensi. Faktor yang mempengaruhi siswa/i mendaftar ke MAN 1 Kota Padang Panjang didorong oleh faktor internal (motivasi, pengalaman, dan kepribadian), faktor perasaan dan emosional, serta Faktor motif sosial (motif ingin berprestasi).

Full Text:

PDF

References


Alma, B. (2014). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Alma, B. (2016). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Amiruddin, Ritonga, A. H., & Samsu. (2018). Manajemen Pemasaran Jasa Lembaga Pendidikan Islam. Yogyakarta: K-Media.

Arifin, Z. (2014). Penelitian Pendidikan (Metode Paradigma Baru). Bandung: Pt. Remaja Rosdkarya.

Chusumastuti, D. (2020). Pengaruh Pemanfaatan Media Online Terhadap Minat Berwirausaha Pada Mahasiswa (Studi Kasus Di Sekolah Tinggi Multimedia "Mmtc"Yogyakarta. Jurnal Riset Inspirasi Manajemen Dan Kewirausahaan, 77-82.

Dayat, M. (2019). Strategi Pemasaran Dan Optimalisasi Bauran. Jurnal Mu’allim Volume 1 Nomor 2 Juli , 299-319.

Faizin, I. (2017). Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan Dalam Meningkatkan Nilai Jual Madrasah. Jurnal Madaniyah, 264.

Fauzi, A. (2019, April 8). Anyabila. Dipetik Oktober 13, 2023, Dari Anyabila.Com: Https://Anyabila.Com/5-Tingkatan-Produk-Dan-Contohnya-Manajemen-Pemasaran.

Hafulyon, & Rahmi, F. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Batusangkar: Stain Batu Sangkar Press.

Halim, F., Kurniullah, A. Z., Efendi, M. B., Sudarso, A., Purba, B., Sisca, D. L., Permadi, H. M. P. S. L. A., & Novela, V. (2021). Manajemen Pemasaran. In Angewandte.

Izzah, F. N. (2015). Bauran Pemasaran Jasa Pendidikan Dalam Meningkatkan Daya Saing Lembaga Pendidikan.

Uluwiyah, A. N. (2022). Strategi Bauran Promosi (Promotional Mix) Dalam Meningkatkan Kepercayaaan Masyarakat. Yogyakarta: Cv Multi Pustaka Utama.

Khasanah, A. (2015). Pemasaran Jasa Pendidikan Sebagai Strategi Peningkatan Mutu Di Sd Alam Baturraden. El-Tarbawi, 8(2), 161–176. Https://Doi.Org/10.20885/Tarbawi.Vol8.Iss2.Art4.

Labaso, S. (2019). Penerapan Marketing Mix Sebagai Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan Di Man 1 Yogyakarta. Manageria: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), 289–311. Https://Doi.Org/10.14421/Manageria.2018.32-05.

Laksamana, A. (2021, Januari 23). Strategi Bauran Pemasaran Jasa Pendidikan Dalam Meningkatkan Minat Calon Peserta Didik Di Sma An-Nurmaniyah (Yapera) Ciledug. Hal. 61-68.

Muhyidin, U. (T.Thn.). Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Pendidikan Terhadap Keputusanmahasiswa Memilih Perguruan Tinggi Swasta Di Jawa Barat. Prosiding Seminar Nasionalmulti Disiplin Ilmu&Call For Papersunisbank (Sendi_U), (Hal. 2-3). Jawa Barat.

Mundir , A. (2016). Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan Mandrasah. Malia, 37-38.

My, M., Riftiyanti, S., & Lesiana, O. (2021). Strategi pemasaran Jasa Pendidikan dalam Meningkatkan Animomasyarakatpada Masa Pandemi Covid-19. Journal Of Management In Education, 37-38.

Ngatno. (2018). Manajemen Pemasaran. Semarang: E.F Press Digimedia.

Rahim, A. R., & Radjab, E. (2016). Manajemen Strategi. Makassar: Lembaga Perpustakaan Dan Penerbitan Universitas Muhammadiyah Makassar.

Soetopo, R. H. (2015). Strategi Pemasasaran Jasa Pendidikan Dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan. Jurnal Edukasi, 403.

Uluwiyah, A. N. (2022). Strategi Bauran Promosi (Promotional Mix) dalam Meningkatkan Kepercayaan Masyarakat (B. S. F. Kurniawan (Ed.); Cetakan I. Multi Pustaka Utama.

Wibowo, P. (2017, Juni). Faktor-Faktor yang mempengaruhi Minat Siswa Memilih Masuk Ke Sekolah Menengah Kejuruan Program Keahlian Elektronika Industridi Kabupaten Kulon Progo. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Wijaya, D. (2016). Pemasaran Jasa Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Wijaya, D. (2012). Pemasaran Jasa Pendidikan . Jakarta: Salemba Empat.




DOI: http://dx.doi.org/10.31958/manapi.v3i1.12326

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Yanti Elvita, Vellia Multafi’ah, Muhammad Fazis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats