Pengaruh Kecerdasan Emosional Dosen terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa MPI di UIN KHAS Jember

Zafiroh Anjal, Ayu Rita Risky Rani, Zafiroh Syarifatul Azizah, Adilatus Shofiyah, Rofiq Hidayat

Abstract


AbstrakDalam dunia akademik, dosen yang memiliki kecerdasan emosional dan pelayanan yang baik siswa dapat Berikankontribusi positif pada tempat kerja. Seorang dosen harus mampu melaksanakan tugasnya secara efektif sesuaidengan Tri Dhamma Perguruan Tinggi dengan tetap mengelola pekerjaan sehari-hari dalam rutinitasnya. Tujuanpenelitian ini adalah untuk mengevaluasi model yang menjelaskan bagaimana kecerdasan emosional dosenmempengaruhi motivasi belajar mahasiswa MPI di UIN KHAS Jember. Variabel-variabel dalam model penelitianmempengaruhi kecerdasan emosional dan motivasi belajar dosen. Sebanyak 75 responden mengisi kuesioner; darijumlah tersebut, 35 orang adalah responden perempuan (atau 25,33%) dan 74,67% responden adalah respondenlaki-laki dengan usia yang sama. Penelitian ini menyimpulkan bahwa motivasi belajar mahasiswa MPI UIN KHASJember dipengaruhi oleh kecerdasan emosional pengajarnya. Temuan ini diharapkan dapat membantu menentukankebijakan yang dapat menopang motivasi belajar program studi Manajemen Pendidikan Islam UIN Khas Jember.Kata Kunci : Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Motivasi BelajarAbstractIn the academic world, lecturers who have emotional intelligence and good service to students can make positivecontributions to the workplace. A lecturer must be able to carry out his duties effectively in accordance with theTri Dhamma of Higher Education while still managing daily work in his routine. The aim of this research is toevaluate a model that explains how lecturers' emotional intelligence influences the learning motivation of MPIstudents at UIN KHAS Jember. The variables in the research model influence lecturers' emotional intelligence andlearning motivation. A total of 75 respondents filled out the questionnaire; of this number, 35 people were femalerespondents (or 25.33%) and 74.67% of respondents were male respondents of the same age. This researchconcludes that the learning motivation of MPI UIN KHAS Jember students is influenced by the emotionalintelligence of their teachers. It is hoped that these findings can help determine policies that can support learningmotivation for the Islamic Education Management study program at UIN Khas Jember..Keywords : Influence of Emotional Intelligence and Learning Motivation

Full Text:

PDF

References


Puspito, R. Kusubagio, and N. Qomariah,

“Pengaruh Kecerdasan Emosional, Motivasi

Belajar, Dan Kecerdasan Spiritual Terhadap

Pemahaman Mata Kuliah Akuntansi

Keperilakuan,” Sains Manaj. Dan Bisnis

Indones., vol. 7, no. 1, pp. 96–113, 2017.

Suwi Novita Devi, I. K. Sujana, and I. W.

Pradnyantha Wirasedana, “Pengaruh Perilaku

Belajar, Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Adversitas pada Tingkat Pemahaman

Akuntansi,” E-Jurnal Akunt., vol. 30, no. 4, p.

, Apr. 2020,.

Gayatri and N. G. P. Wirawati, “Pengaruh

Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan

Emosional, Kecerdasan Spiritual, dan

Perilaku Belajar Terhadap Pemahaman

Akuntansi,” E-Jurnal Akunt., vol. 28, no. 2, p.

, 2019

H. Pusparini and A. B. Suryantara,

“Pengaruh Kecerdasan Emosional , Perilaku

Belajar Dan Cara Mengajar Dosen Terhadap

Pemahaman Akuntansi Mahasiswa Di Masa

Pandemi,” vol. 6, no. 2, pp. 288–303, 2022.

Halimah, “Pengaruh Kecerdasan Emosional,

Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Spiritual,

Dan Kecerdasan Adversity Terhadap Tingkat

Pemahaman Akuntansi (Studi Kasus Pada

Mahasiswa Akuntansi Di Surakarta),” J.

Ekon. dan Bisnis, vol. 10, no. 1, pp. 326–335,




DOI: http://dx.doi.org/10.31958/manapi.v3i1.12381

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Zafiroh Syarifatul Azizah Asy'ari Khozin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats