Pemanfaatan Jurnal Ilmiah untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains, Hasil Belajar dan Motivasi Belajar Peserta Didik
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Ahmadi, F., & Ibda, H. (2018). Media literasi sekolah: Teori dan praktik. CV. Pilar Nusantara.
Budi, A. (2019). Jurnal Ilmiah Sebagai Bahan Pembelajaran Berbasis Riset Pada Pendidikan Sarjana Administrasi Negara. Journal of Public Administrator and Local Convenance, 1(1).
DeBoer, G. E. (2015). Scientific literacy: Another look at its historical and contemporary meanings and its relationship to science education reform. Journal of Research in Science Teaching, 37(6), 582–601.
Diah, T. W., & Dkk. (2010). Pedoman umum pembelajaran berbais riset (PUPBR). Yogyakarta:UGM.
Faisal, M., Andayani, Y., Al-Idrus, S. W., & Wildan, W. (2019). Hubungan Penulisan Jurnal Belajar Berbasis Literasi Sains Terhadap Hasil Belajar Siswa SMAN 2 Mataram. Chemistry Education Practice, 1(2), 7. https://doi.org/10.29303/cep.v1i2.939
Firmadani, F. (2017). Pembelajaran Berbasis Riset Sebagai Inovasi Pembelajaran. Prosiding TEP & PDs, 4(14), 262–268.
Hilir, A., & Kom, S. (2021). Teknologi pendidikan di abad digital. Penerbit Lakeisha.
Liu, X. (2019). Beyond science literacy: Science and the public. International Journal of Environmental and Science Education, 4(3), 301–311.
Patrick, A. O., Kpangban, E., & Chibueeze, O. O. (2007). 'Motivation effects on test scores of senior secondary school science students’. Study Home Community Science, 1(1), 57–64.
Pratiwi. (2019). Pembelajaran IPA Abad 21 dengan Literasi Sains Siswa. Jurnal Materi Dan Pembelajaran Fisika, 9(1).
Pusat Penilaian Pendidikan. (2019). Pendidikan di Indonesia Belajar dari Hasil PISA 2018. Balitbang, Kemendikbud.
Riduwan. (2014). Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Saputri, A. C., Sajidan, & Rinanto, Y. (2017). Identifikasi Keterampilan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Biologi Menggunakan Window Shopping. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains (SNPS) Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Sardiman, A. . (2016). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Soh, T., Arsad, N., & Osman, K. (2018). The relationship of 21st century skills on students’ attitude and perception towards physics. Procedia Social and Behavioral Sciences, 7(C), 546–554.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung. Alfabeta.
Tim AKMI. (2022). Tingkat Kemahiran, Skor dan deskripsi hasil Lieterasi sains. Kementerian Agama RI.
Trianto. (2010). Model pembelajaran terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.
Wardoyo, M. S. (2013). Pembelajaran berbasis riset. Indeks Permata, Jakarta.
Wijaya, E. Y., Sudjimat, D. A., & Nyoto, A. (2016). Transformasi pendidikan abad 21 sebagai tuntutan pengembangan sumber daya manusia di era global. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 1(26), 263–278.
Yuliati, Y. (2017). Literasi Sains dalam Pembelajaran Ipa. Jurnal Cakrawala Pendas, 3. https://doi.org/10.31949/jcp.v3i2.592
DOI: http://dx.doi.org/10.31958/je.v3i1.9460
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Azizah Rahmy, Annisaul Khairat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
View My Stats