Motivasi Belajar Mahasiswa Bimbingan dan Konseling di Universitas Islam Negeri Mahmud Yunus Batusangkar

Yogi Resya Pratama, Emeliya Hardi, Fadhilah Syafwar, Dasril Dasril

Abstract


Motivasi belajar hendaknya dimiliki oleh setiap insan pendidikan, terutama mahasiswa, dengan motivasi tersebut mahasiswa memiliki hasrat dan keingian untuk melaksanakan aktivitas belajar. Sebab Belajar yang efektif diawali dengan niat dan motivasi yang baik, tanpa niat dan motivasi, maka hasilnya berkemungkinan rendah atau cukup. Penelitian ini mengkaji tentang motivasi belajar  pada mahasiswa Bimbingan dan Konseling. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kondisi motivasi belajar instrinsik dan ekstrinsik Mahasiswa Bimbingan dan Konseling saat melaksanakan aktivitas belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jumlah sampel sebanyak 45 orang yang merupakan mahasiswa Bimbingan dan Konseling di Universitas Islam Negeri Mahmud Yunus Batusangkar. Dari hasil penelitian menunjukkan pada umumnya motivasi belajar mahasiswa berada di bawah kategori tinggi yaitu pada kategori sedang sebanyak 18 (41%) orang, rendah 21 (48%) orang dan sangat rendah 3 (7%) orang. Sedangkan pada kategori tinggi 1 (2%) orang dan sangat tinggi 1 (2%) orang. Hal ini menunjukkan bahwa motivasi belajar mahasiswa masih tergolong rendah, karena semangat dan gairah mahasiswa untuk melakukan aktivitas belajar. Artikel ini berkesimpulan bahwa motivasi belajar mahasiswa pada umumnya dipengaruhi oleh dua faktor yaitu instrinsik dan ekstrinsik.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________