Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Peningkatan Perilaku Assertive Siswa

Rizka Marlina, Rina Yulitri, Rahmad Hidayat, Rafsel Tas'adi

Abstract


Penelitian ini di latarbelakangai beberapa siswa yang memiliki perilaku assertive yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap peningkatan perilaku assertive siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen. Jenis desain yang digunakan adalah pre-eksperiment design dengan desain yaitu one group pretest-posttest design. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan signifikan antara rata-rata skor pretest dengan posttest. Hasil uji statistik menunjukkan perbedaan signifikan pada 0,05, dengan demikian berarti layanan bimbingan kelompok berpengaruh untuk meningkatkan perilaku assertive siswa secara signifikan. Unruk melihat hasil persentasi perbandingan pretest ke postest digunakan Uji N-Gain.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________