Dampak Penggunaan Smartphone Terhadap Siswa dan Usaha Guru BK dalam Mengatasinya
Abstract
Penelitian yang dilakukan di lapangan di temukan Smartphone dapat mendongkrak yang memberikan wawasan baru tentang materi-materi pelajaran sehingga mendukung nilai tugas serta mendorong saya untuk memperoleh prestasi akademik. Smartphone pada kehidupan social dapat mempererat hubungan silaturrahmi dengan teman yang jauh, dapat mendapatkan informasi dengan teman terkait hal-hal yang terbaru, memperoleh informasi pelajaran dengan teman di sekolah lain. Efek Negatif Smartphone pada pembelajaran yang diperoleh menggangu dalam mengatur waktu belajar, tidak konsisten mengerjakan tugas dan mudah mengalihkan dalam mengerjakan tugas. Adanya iklan-iklan dewasa yang menganggu dalam mencari referensi tugas atau ketika mengerjakan tugas sehingga memberikan dampak pengaruh pada pemahaman siswa tentang hal-hal pornografi. Usaha Guru BK penggunaan Smartphone bagi prestasi akademik dari hasil penelitian yang dilakukan memberikan gambaran bahwa usaha guru BK adalah dengan memberikan layanan bimbingan belajar, bimbingan karir, layanan-layanan konseling dengan mencoba menggunakan Smartphone sebagai media pendukung dalam melaksanakan konsleing sehingga hasil yang diharapkan dapat mendorong prestasi akademik siswa. Upaya guru BK untuk menangkal pengaruh negative Smartphone pada pembelajaran adalah dengan menerapkan fungsi pencegahan sebelum pembelajaran terganggu. Pemahaman siswa tentang pemanfataan Smartphone membantu dalam menambah wawasan pengetahuan yang tidak ada ditemukan di sekolah sehingga dapat mencari tahu apa saja tentang pembelajaran yang ingin dicari tahu.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
___________________________________________________________________________