Pengaruh Bimbingan Klasikal Teknik Modeling terhadap Kepercayaan Diri Siswa
Abstract
Kepercayaan diri merupakan sikap positif yang ada dalam diri seseorang yang memiliki keyakinan akan kemampuan untuk meningkatkan perkembangan nya baik oleh dirinya sendiri maupun lingkungan yang akan membantu pencapaiannya.Kepercayaan diri sangat dibutuhkan oleh siswa, karena kepercayaan diri sangat mempengaruhi proses belajarnya, baik dalam belajar di kelas, di rumah atau di manapun. Kepercayaan diri sangat diperlukan dalam menyampaikan pendapat, agar mampu meyakinkan orang lain terhadap apa yang akan disampaikan, siswa harus yakin terhadap dirinya, yaitu mampu menyampaikan apa yang dipikirkannya. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif menggunakan metode penelitian quasi eksperimen yaitu dengan tipe one group pre-test-post-test design yaitu mengukur apakah bimbingan klasikal teknik modeling berpengaruh signifikan terhadap kepercayaan diri siswa. Instrumen yang digunakan adalah seluruh siswa kelas XI SMAN 1 Sitiung. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik non-random. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu skala kepercayaan diri dengan model Likert dan analisis data dengan menggunakan Uji-t dan N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bimbingan klasikal teknik modeling berpengaruh signifikan terhadap kepercayaan diri siswa. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji-t statistik bahawa thitung > ttabel pada taraf signifikan, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hipotesis alternative (Ha) diterima dan hipotesis nihil (H0) ditolak. Hal ini berarti bimbingan klasikal teknik modeling berpengaruh signifikan terhadap kepercayaan diri siswa.
Full Text:
PDFReferences
Afnilaswati, A., Meldawanti, M., & Ardimen, A. (2021). Konsep Aplikasi Landasan dan Pendekatan Religius dalam Pelayanan Konseling. Jurnal Al-Taujih : Bingkai Bimbingan Dan Konseling Islami. https://doi.org/10.15548/atj.v7i2.3260
Amelia, V. R., Masril, M., & Irman, I. (2017). Pengaruh Permainan dalam Konseling Kelompok terhadap Peningkatan Kepercayaan Diri Siswa di SMA Islam Raudhatul Jannah Payakumbuh. International Seminar on Education 2017 Empowering Local Wisdom on Education for Global Issue, 1(2), 459–466.
Ardimen, A. (2016). Counseling Services Based Research To Improve The Quality Of Learning Through Counseling. Guidena: Jurnal Ilmu Pendidikan, Psikologi, Bimbingan Dan Konseling. https://doi.org/10.24127/gdn.v6i2.552
Ardimen, A. (2017a). Bimbingan dan Konseling Komprehensif Berbasis Karakter Cerdas dan Aplikasinya melalui Bimbingan Teman Sebaya di Era Globalisasi. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 12(2), 483–508. https://doi.org/10.21043/edukasia.v12i2.1681
Ardimen, A. (2017b). Pengembangan Program BK Komprehensif Berbasis Karakter Cerdas dan Aplikasinya Melalui Bimbingan Teman Sebaya. Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam. https://doi.org/10.21043/edukasia.v12i2.1681
Ardimen, A. (2018). Visi Baru Konselor Sekolah dalam Rangka Meningkatkan Kualitas Layanan Pendidikan di Sekolah dan Madrasah. JKI (Jurnal Konseling Indonesia). https://doi.org/10.21067/jki.v4i1.2733
Ardimen, A. (2019). Pengembangan Model bimbingan kelompok dengan Pendekatan Muhasabah untuk Meningkatkan Identitas Diri Siswa. Disertasi: Pascasarjana Universitas Negeri Padang. Tidak Diterbitkan.
Ardimen, A., Neviyarni, N., Firman, F., Gustina, G., & Karneli, Y. (2019). Model bimbingan kelompok dengan pendekatan muhasabah. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v8i2.2232
Erford, B. T. (2015). 40 Teknik Konseling yang harus diketahui setiap Konselor (Yogyakarta). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Fariyanti, I. R. (2018). Pengaruh Pemberian Layanan Bimbingan Pribadi-Sosial terhadap Pengembangan Kemampuan Penyesuaian Diri Siswa Kelas XI SMA Negeri 3 Kediri Tahun Ajaran 2017/2018. Simki-Pedagogia, 2(2), 1–7.
Ghufron, M. N., & Risnawita, R. (2010). Teori-Teori Psikologi. Yokyakarta: Ar-Ruzz Media.
Hasanuddin. (2020). Pengaruh Keefektifan Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa yang Tidak Naik Kelas. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 7(1), 43–49.
Husna, H. Al, Ardimen, A., Sisrazeni, S., & Rahayu, S. P. (2022). Hubungan antara Self Esteem dan Self Confidence Remaja Panti Asuhan. Jurnal Consulenza:Jurnal Bimbingan Konseling Dan Psikologi, 5(1), 12–22. https://doi.org/10.56013/jcbkp.v5i1.1271
Karneli, Y., Ardimen, A., & Netrawati, N. (2019). Keefektifan Konseling Modifikasi Kognitif Perilaku untuk Menurunkan Stres Akademik Siswa. JKI (Jurnal Konseling Indonesia). https://doi.org/10.21067/jki.v4i2.3083
Komara, I. B. (2016). Hubungan antara Kepercayaan Diri dengan Prestasi Belajar dan Perencanaan Karir Siswa SMP. Psikopedagogia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 5(1), 33–42. https://doi.org/10.12928/psikopedagogia.v5i1.4474
Komariyah, S., & Nuryanto, I. L. (2020). Efektifitas Layanan Konseling Kelompok dengan Pendekatan Client Centered untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri pada Siswa Kelas VIII SMPN 16 Yogyakarta Tahun Ajaran 2018/2019. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 4(1), 78–90. https://doi.org/10.31316/g.couns.v4i1.456
Pratiwi, I. D., & Laksmiwati, H. (2016). Kepercayaan Diri dan Kemandirian Belajar Pada Siswa SMA Negeri “X.” Jurnal Psikologi Teori Dan Terapan, 7(1), 43. https://doi.org/10.26740/jptt.v7n1.p43-49
Saputra, B., Hartuti, P., & Mishbahuddin, A. (2017). Bimbingan Kelompok dengan Teknik Penguatan Positif untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa SMA di Kota Bengkulu. Consilia: Jurnal Ilmiah BK, 1(1), 60–68. https://doi.org/10.33369/consilia.1.1.60-68
Sari, P., Sultani, S., & Anisah, L. (2019). Konseling Kelompok Teknik Role Play untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri pada Siswa Kelas VIIB SMP Negeri 31 Banjarmasin. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Ar-Rahman, 5(2), 120–122. https://doi.org/10.31602/jbkr.v5i2.2181
Sugiyono. (2012). Metodologi Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Syarifuddin, S. (2019). Pengaruh Penerapan Dinamika Kelompok dalam Guidance Courses terhadap Kepercayaan Diri Siswa. Konseling: Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Penerapannya, 1(1), 19–34. https://doi.org/10.31960/konseling.v1i1.326
Tanjung, R. F. (2019). Answering the challenge of industrial revolution 4.0 through improved skills use of technology college. International Journal for Educational and Vocational Studies, 1(1), 11–14. https://doi.org/10.29103/ijevs.v1.i1.02
Tanjung, R. F., Neviyarni, N., & Firman, F. (2018a). Increasing skills reading students through guidance and counseling classical using Contextual Teaching and Learning (CTL) approach. International Journal of Research in Counseling and Education, 2(1), 8–14. https://doi.org/10.24036/0037za0002
Tanjung, R. F., Neviyarni, N., & Firman, F. (2018b). Layanan informasi dalam peningkatan keterampilan belajar mahasiswa STKIP PGRI Sumatera Barat. Jurnal Penelitian Bimbingan Dan Konseling, 3(2), 155–164. https://doi.org/10.30870/jpbk.v3i2.3937
Refbacks
- There are currently no refbacks.
___________________________________________________________________________