Faktor-Faktor Penyebab Konsumen Berlangganan Di Swalayan 90 Nagari Limo Kaum Kecamatan Lima Kaum Kabupaten Tanah Datar

Megi Saputra, Rizal Rizal, Himyar Pasrizal, Nil Firdaus, Alimin Alimin

Abstract


Artikel ini mengkaji faktor-faktor penyebab konsumen berlangganan di Swalayan 90 Nagari Limo Kaum Kecamatan Lima Kaum Kabupaten Tanah Datar. Pokok permasalahan dalam penelitian ini ialah penyebab konsumen berlangganan di Swalayan 90 Nagari Limo Kaum Kecamatan Lima Kaum Kabupaten Tanah Datar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara. Analisis data menggunakan analisis Miles And Huberman yang meliputi, pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan data. Hasil penelitian menemukan bahwa faktor-faktor penyebab konsumen berlangganan di Swalayan 90 ada tiga. Pertama, faktor produk yang lengkap tersedia. Kedua, faktor tempat di tepi jalan lintas, tempat yang luas, bersih, rapi, dan dilengkapi dengan tempat parkir yang luas, nyaman untuk mobil dan motor, serta disediakan tempat duduk bagi konsumen yang berbelanja. Ketiga, faktor promosi dengan memberikan kupon berhadiah. Setelah dibahas, perilaku konsumen yang membuat konsumen berlangganan di Swalayan 90. Dimana perilaku konsumen itu meliputi, berbelanja berdasarkan kebutuhan terhadap produk, dan konsumen butuh produk yang lengkap tersedia, tempat belanja akan menjadi pertimbangan konsumen untuk melakukan transaksi pembelian, promosi berdampak terhadap perilaku konsumen yang  menjadikan konsumen terdoktrin untuk terus mengonsumsinya.

 


Keywords


Konsumen, Pelanggan, Perilaku Konsumen, dan Swalayan

Full Text:

PDF

References


Abdul Gofur. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4(1), 37–44.

Abdurrahman, D. (2022). Service Pemasaran. Surabaya: Cipta Media Nusantara.

Anggraini, R., & Yana, M. (2022). Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan, Tempat, dan Kualitas Makanan Khas Melayu Terhadap Kepuasan Pelanggan Wisata Kuliner di Kota Batam. Jurnal Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 5(1), 1081–1094. https://doi.org/10.36778/jesya.v5i1.697

Asyari, Dipateruna, & Z, R. R. (2022). Membangun Orientasi Pelanggan Secara Profesional Dengan Etika Bisnis. Jurnal Ekonomis, 6(1), 255–259.

Ayuningtyas, F. (2022). Perilaku Konsumen Dalam Perspektif Ilmu Komunikasi. Jakarta: CV. Mitra Cendekia Media.

Ernayanti, T., Mustafid, M., Rusgiyono, A., & Hakim, A. R. (2023). Penggunaan Seleksi Fitur Chi-Square Dan Algoritma Multinomial Naïve Bayes Untuk Analisis Sentimen Pelangggan Tokopedia. Jurnal Gaussian, 11(4), 562–571. https://doi.org/10.14710/j.gauss.11.4.562-571

Farisi, S., & Siregar, Q. R. (2020). Pengaruh Harga dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan Pengguna Jasa Transportasi Online di Kota Medan. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 3(1), 148–159. https://doi.org/10.30596/maneggio.v3i1.4941

Gea, N. E., & Mendrofa, C. P. (2022). Pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Pelanggan JNE. Jurnal Akuntansi, Manajemen Dan Ekonomi, 1(1), 152–159. https://doi.org/10.56248/jamane.v1i1.26

Harinie, L. T., Triyono, H., Saputri, M. E., Hanafiah, H., Arissaputra, R., & Suyatno, A. (2023). Perilaku Konsumen Dan Strategi Pemasaran. In 2023 (p. 162). Badung: Intelektual Manifes Media.

Hayadi, I., Luthfa, H., & Abdillah, W. (2020). Pengujian Model Service Quality Dan Servicescape: Studi Empiris Layanan Logistik Di Indonesia. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, 25(3), 262–272. https://doi.org/10.35760/eb.2020.v25i3.2787

Kurniawati, R., & Valencia. (2021). Analısıs Pengaruh Kualıtas Makanan, Kualıtas Pelayanan, dan Kualıtas Lıngkungan Fısık Terhadap Mınat Berperılaku Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagaı Varıabel Medıası Pada Cafe Dı Kota Batam. Conference on Business, Social Sciences and Technology, 1(1), 261–274.

Kusumadiningrum, R. (2020). Analisis Kualitas Pelayanan Untuk Meningkatkan Kepuasan Pelangggan Pada Kantin ITN Malang Kampus 1 Menggunakan Metode Service Quality. Jurnal Valtech (Jurnal Mahasiswa Teknik Industri), 3(2), 177–182. Retrieved from https://ejournal.itn.ac.id/index.php/valtech/article/view/2773

Naibaho, U. A., Akbar, H., & Hadibrata, B. (2022). Determinasi Kepuasan Pelanggan: Analisis Kualitas Pelayanan, Harga Dan Kualitas Produk (Literature Review Strategic Marketing Management). Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 1079–1089. https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i2.1346

Pasaribu, A. F. O., & Nuroji. (2023). Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Pelanggan Terbaik Menggunakan Profile Matching. Journal of Data Science and Information Systems (DIMIS), 1(1), 24–31. https://doi.org/10.58602/dimis.v1i1.16

Putra, Y. (2020). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan Pada PDAM Tirtanadi Cabang Cemara. Jurnal Akuntansi, Manajemen Dan Ilmu Ekonomi (Jasmien), 1(1), 22–25. https://doi.org/10.54209/jasmien.v1i1.35

Rojikun, A. (2022). Dampak PromosiMmediaSsosial Terhadap Keterlibatan Pelanggan Dan Minat Beli Pada Usaha Mikro Menengah Dan Kecil. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen Bisnis, 2(1), 96–103.

Siagian, M. R. P., & Naldo, J. (2022). Pengaruh Layanan Komunikasi Bercorak Islami Pegawai Call Center Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtanadi Kota Medan Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Menara Ilmu, 16(2), 48–54. https://doi.org/10.31869/mi.v16i2.3138

Sinulingga, N. A. B., & Sihotang, H. T. (2023). Perilaku Konsumen, Strategi Dan Teori. Medan: IOCS Publisher.

Styawati, Nurkholis, A., & Anjumi, K. N. (2021). Analisis Pola Transaksi Pelanggan Menggunakan Algoritme Apriori. J-SAKTI (Jurnal Sains Komputer Dan Informatika), 5(2), 619–626.

Yuliana, & Ardansyah. (2022). Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Minuman Kedai Kopi Square Di Kota Bandar Lampung. SINOMIKA Journal: Publikasi Ilmiah Bidang Ekonomi Dan Akuntansi, 1(3), 309–320. https://doi.org/10.54443/sinomika.v1i3.265




DOI: http://dx.doi.org/10.31958/mabis.v4i1.12030

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Megi Saputra, Rizal Rizal, Himyar Pasrizal, Nil Firdaus, Alimin Alimin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal Manajemen Bisnis Syariah
with registered number e-ISSN: 2798-1002 have been indexed on:

 

Jurnal Manajemen Bisnis Syariah is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

 
Jurnal Mabis