PEMBELAJARAN BERBASIS RISET DI PERGURUAN TINGGI
Abstract
Perubahan sebuah universitas menuju universitas berbasis riset menjadi tren baru dalam beberapa tahun terakhir. Perubahan tersebut ditandai dengan perubahan paradigma pembelajaran yang melibatkan mahasiswa dalam melakukan riset untuk memberikan kontribusi nyata pada pengembangan ilmu pengetahuan. Oleh karena itu budaya melakukan riset dapat dijadikan sebagai salah satu indikator keberhasilan suatu universitas berbasis riset. Pembelajaran berbasis riset merupakan metode pembelajaran yang menggunakan pembelajaran autentik, pemecahan masalah, pembelajaran kooperatif, Pembelajaran kontekstual, dan pendekatan inquiri yang dipandu oleh filsafat konstruktivisme. Dalam merancang suatu perkuliahan, perlu diperhatikan karakteristik dari mata kuliah yang dapat diintegrasikan dengan pembelajaran berbasis riset untuk menumbuhkan keterampilan meneliti dan menulis karya ilmiah. Hal ini penting karena mahasiswa dituntut untuk mempublikasikan hasil risetnya sebagai salah satu syarat kelulusan. Telah banyak hasil riset yang menghasilkan perangkat pembelajaran berbasis riset yang mampu meningkatkan hasil pembelajaran dan menumbuhkan keterampilan mahasiswa dalam melakukan riset. Hal ini menunjukkan pembelajaran berbasis riset telah memberi kontribusi nyata terhadap pertumbuhan keterampilan mahasiswa dalam melakukan penelitian.
Full Text:
Download PDFReferences
Donovan, MS. 2006. Proquest Company, Science Research Summary: Increase Student Learning and Achievement. Michigan: Proquest
Farkhan, M. 2008. Research based Learning. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah
Griffith Institute for Higher Education, 2008. Research-based learning: strategies for successfully linking teaching and research. University of Griffith
Hadi, S. 2005. Pendidikan Matematika Realistik. Banjarmasin: Tulip.
http://www.scimagojr.com
Roach M., Blackmore P., Dempster J., 2000, Supporting High-Level Learning Through Research-Based Methods: interim guideline for course design, TELRI Project-University of Wrwick
Rulli C.I.P. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika, Pembelajaran Berbasis Riset. Penerbit Matematika. Yogyakarta
Savery, J.R. 2006. Overview of Problem Based Learning: Definition and Distinctions. Interdiciplinary Journal of Problem based Learning, 1 (1), 9-20. Indiana: Purdue University
Savin-Baden, M. 2000. Problem based Learning in Higher Education: Untold Stories. Buckingham: Open University Press.
Solomon, G. 2003. Project based Learning: a Primer. Tech-Learning
Suchada Poonpan and Siriphan S. 2001. Indicators of Research-Based Learning Instructional Prosess : A Case Study of Best Practice in a Primary School. Dissertation. Faculty of Education, Chulalongkorn University Phaya Thai. Bangkok. Thailland
Tosey, P., & Mc Donnell, J. 2006. Mapping Enquiry-based Learning: Discourse, Fractals, and a Bowl of Cherries. Learning to Learn trough Supported Enquiry Working Paper . Surrey: University of Surrey.
Universitas Gadjah Mada. 2010. Pedoman Umum Pembelajaran Berbasis Riset; Yogyakarta
Waris, A. 2009. Model Pembelajaran Berbasis Riset di Prodi Fisika ITB. Berita Pembelajaran, 6 (2), hlm. 1-3. Bandung
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Proceedings