Peningkatan Kemampuan Literasi Matematis Siswa melalui Problem Based Instruction (PBI)
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Ananda, E. R., & Wandini, R. R. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa Ditinjau dari Self Efficacy Siswa. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5113–5126. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2659
Fadjar, S. (2014). Pembelajaran Matematika: Cara Meningkatkan Kemampuan Berpikir Siswa. Graha Ilmu.
Farida, R. N., Qohar, A., & Rahardjo, S. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMA Kelas X Dalam Menyelesaikan Soal Tipe Pisa Konten Change and Relationship. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2802–2815. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.972
Fatwa, V. C., Septian, A., & Inayah, S. (2019). Kemampuan Literasi Matematis Siswa melalui Model Pembelajaran Problem Based Instruction. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 389–398. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i3.535
Firdaus, A., Asikin, M., Waluya, B., & Zaenuri, Z. (2021). Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Matematika Siswa. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 13(2), 187–200. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.871
Maiyena, S., Imamora, M., & Sari, D. L. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Menggunakan Kartu Soal Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X di SMA. Edusainstika: Jurnal Pembelajaran MIPA, 2(1), 39. https://doi.org/10.31958/je.v2i1.3095
Masjaya, W. (2018). Pentingnya Kemampuan Literasi Matematika untuk Menumbuhkan Kemampuan Koneksi Matematika dalam Meningkatkan SDM. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 568–574.
Mayanti, F. (2013). Pengaruh Model Problem Based Instruction (PBI) terhadap Kemampuan Belajar IPS Geografi Siswa Di SMPN 7 Padang. Jurnal Pendidikan Vokasi, 1(1), 368–378.
Muzaki, A., & Masjudin, M. (2019). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 493–502.
Nadz, T. F., & Haq, C. N. (2013). Perbandingan Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Yang Memperoleh Pembelajaran Melalui Metode Problem Based Instruction (Pbi) Dengan Metode Konvensional. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3).
Nugrahanto, S., & Zuchdi, D. (2019). Indonesia PISA Result and Impact on The Reading Learning Program in Indonesia. 297(Icille 2018), 373–377. https://doi.org/10.2991/icille-18.2019.77
OECD. (2019). PISA 2018 Mathematics Framework. PISA 2018 Assessment and Analytical Framework, 73–95.
Roviani, S., Idrus, H., Umar, M. I. A., & Chandra, A. N. (2023). Penerapan Model Pembelajaran SOLE (Self Organized Learning Environments) Pada Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Bukittinggi Berbantuan Aplikasi Microsoft Teams. Edusainstika: Jurnal Pembelajaran MIPA, 3(1), 41. https://doi.org/10.31958/je.v3i1.9541
Rusmana, I. M. (2014). Efektivitas Penggunaan Pendekatan SLIM-N-BIL Terhadap Pemahaman Konsep Matematika. 4(3), 208–218.
Salam, M., Hasnawati, H., Andini, I. A. P., Suhar, S., & Lambertus, L. (2023). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Ditinjau Dari Kemampuan Awal. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(2), 2351. https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i2.7448
Syawahid, M., & Putrawangsa, S. (2017). Kemampuan literasi matematika siswa SMP ditinjau dari gaya belajar. Beta: Jurnal Tadris Matematika, 10(2), 222–240. https://doi.org/10.20414/betajtm.v10i2.121
DOI: http://dx.doi.org/10.31958/je.v3i2.10791
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Ummul Huda, Cici Handayani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
View My Stats