ANALISIS STRATEGI SISTEM PEMASARAN AKOMODASI PARIWISATA PADA ASRI VILLA SYARIAH DI MATO AIA KABUPATEN AGAM

Afiif Falian, Cahya Agung Mulyana, S.T., M.PPar

Abstract


The background of this research is Asri Villa Syariah, which has a limited number of Asri Villa Syariah employees. The occupancy rate of the Asri Villa Syariah room is not optimal. The marketing system for Asri Villa Syariah Mato Aiaโ€™s tourism accommodation has not been maximized for products that do not have complete facilities for guests, promotions that have not been maximized, locations far from the city, and prices with long transaction processes. Difficulties when guests check in directly without a reservation because they have to prepare Asri Villa Syariah accommodation in advance. The purpose of this study was to determine the marketing system strategy for Asri Villa Syariah tourism accommodation in Mato Aia, Agam Regency. The research method used in this research is descriptive qualitative. Data collection techniques in this study are observation, interviews, and documentation. The informants in this study were Asri Villa Syariah owners, Asri Villa Syariah managers, Asri Villa Syariah employees, and visitors to Asri Villa Syariah. The data analysis method used in this study is data reduction, data presentation, drawing conclusions, using the SWOT analysis method and SWOT matrix to analyze the strength, weaknesses, opportunities and threats of Asri Villa Syariah. The results showed that the marketing system strategy used was Asri Villa Syariah macro and micro environmental analysis, market analysis, marketing mix with 4P, namely the Asri Villa Syariah product, which is a product that provides tourism accomodation with various facilities such as swimming pools, mini bars, playgrounds children, and a beatiful view of the rice fields. The price of Asri Villa Syariah is also affordable, not too expensive and not too cheap because it sells according to sharia principles and provides discounts. The place of Asri Villa Syariah which is located in a village far from the city makes this place much sought after by city people to enjoy peace and quiet, where the place can be accessed by private vehicle or tour and travel. Marketing is carried out directly or indirectly such as sales calls. Sales splits, offices, companies, hotels, marketing via facebook, instagram, tour and travel, online tours and travel, and others. SWOT analysis to find out how the Asri Villa Syariah.

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh Asri Villa Syariah yang jumlah karyawan Asri Villa Syariah yang terbatas. Tingkat hunian kamar Asri Villa Syariah yang belum maksimal. Sistem pemasaran akomodasi pariwisata Asri Villa Syariah Mato Aia yang belum maksimal untuk produk yang belum memiliki fasilitas lengkap untuk tamu, promosi yang belum maksimal, lokasi yang jauh dari kota, dan harga yang proses transaksinya lama. Kesulitan saat tamu check in secara langsung tanpa reservasi karena harus mempersiapkan penginapan Asri Villa Syariah terlebih dahulu. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi sistem pemasaran akomodasi pariwisata Asri Villa Syariah di Mato Aia Kabupaten Agam. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah pemilik Asri Villa Syariah, manager Asri Villa Syariah, Karyawan Asri Villa Syariah, dan pengunjung Asri Villa Syariah. Metode analisis data yang di gunakan dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi sistem pemasaran yang dipakai yaitu analisis lingkungan makro dan mikro Asri Villa Syariah, analisis pasar, bauran pemasaran dengan 4P yaitu produk Asri Villa Syariah merupakan produk yang menyediakan akomodasi pariwisata dengan berbagai macam fasilitas berupa kolam renang, mini bar, taman bermain anak-anak, dan pemandangan sawah yang indah. Harga dari Asri Villa Syariah juga terjangkau tidak terlalu mahal dan tidak terlalu murah karena menjual dengan prinsip syariah dan memberikan diskon. Tempat Asri Villa Syariah yang berada di desa jauh dari kota membuat tempat ini banyak di cari orang-orang kota untuk menikmati ketenangan dan kedamaian, dimana tempatnya bisa di akses dengan kendaran pribadi ataupun tour and travel. Pemasaran yang dilakukan dengan secara langsung maupun tidak langsung seperti sales call, sales split, kantor-kantor, perusahaan-perusahaan, hotel-hotel, melakukan pemasaran lewat facebook, instagram, tour and travel, online tour and travel, dan lainnya. Analisis SWOT untuk mengetahui bagaimana sistem pemasaram Asri Villa Syariah.

Kata Kunci: Sistem Pemasaran; Akomodasi Pariwisata; Asri Villa Syariah.


Keywords


Keywords: Marketing System; Tourism Accommodation; Asri Villa Syariah. Kata Kunci: Sistem Pemasaran; Akomodasi Pariwisata; Asri Villa Syariah.

Full Text:

PDF

References


Adhisty, D. F. (2022). Analisis Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Daya Saing Hote Bahtera Pelni Resort and Convention Cipayung Kabupaten Bogor.

Buchari, A. (2015). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Dewi, N. Y. (2022). Manajemen Pemasaran Syariah Berbasis Digital pada Homestay di Lombok sebagai upaya Peningkatan Wisata Halal.

Dwipayana, M. A. (2016). Strategi Pemasaran Bali Nyuh Gading Villa di Kerobokan Kabupaten Bandung. JUMPA, 145.

Hendrayani, E. (2020). Manajemen Pemasaran (Dasar & Konsep). Bandung: CV. Media Sains Indonesia.

Ni Wayan Awinasi, N. M. (2018). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Menginap Pada Hotel Inna Grand Bali Beach Sanur. E-Jurnal Manajemen Unid, 26.

Riyanti, N. K. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, dan Promosi Terhadap Niat Berkunjung Kembali di Villa Rendezvous Bali. Widya Amerta Jurnal Manajemen Fak. Ekonomi, 225-232.

Saputra, I. A. (2021). Strategi Promosi Villa Alahan Panjang Resort Selama Pandemi Covid-19. Jurnal penelitian dan pengembangan Sains dan Humaniora, 441-449.




DOI: http://dx.doi.org/10.31958/i-tourism.v3i2.10247

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Afiif Falian, Cahya Agung Mulyana, S.T., M.PPar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats