Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Minat Berkunjung Wisatawan Remaja Ke Museum Adityawarman Kota Padang Sumatera Barat

Wilda Aswal Tini, harry Yulianda

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran yang dilakukan oleh museum Adityawarman untuk meningakatkan minat berkunjung wisatawan remaja.

Jenis penelitian yang penulis gunakan adalah Kualitatif deskriptif yaitu dengan melakukan penelitin dan wawancara langsung untuk mengetahui strategi pemasaran dalam meningkatkan minat berkunjung wisatawan remaja ke museum Adityawarman Kota Padang Sumatera Barat, melalui 4P yaitu Produk, Price, Place, Promosi di museum Adityawarman Kota Padang Sumatera Barat. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu menggunakan tahapan analisis reduksi data yaitu suatu bentuk analisis yang menajamkan dan menunjukkan hal-hal yang penting dalam hasil wawancara, penyajian data memberikan kesimpulan dari hasil wawancara yang telah disusun dimana memungkinkan untuk penarikkan kesimpulan dan pengambilan tindakan,  dan yang terakhir yang dilakukan dalam penelitian untuk mendapatkan sebuah kesimpulan yang diperoleh dar lapangan dapat diuji kebenarannya berdasarkan penyajian data yang diperoleh dari narasumber.

Dari penelitian yang penulis lakukan di lapangan dapat disimpulkan bahwa strategi Pemasaran yang digunakan untuk museum Adityawarman Kota Padang dengan teori Philip dengan 4P yaitu Produk, Price, Place, Promosi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran produk dengan menggunakan teknik tertentu dengan memperbaiki pameran yang sudah tidak layak lagi dan price dengan memberikan harga tiket yang terjangkau dan membuat potongan untuk orang yang lebih dari 10 orang dengan syarat dan ketentuan nya sendiri. Place dengan meletakkan museum di pusat kota agar lebih memudahkan wisatawan berkunjung. Promosi dengan mengadakan efent dan kegiatan yang meningkatkan minat berkunjung remaja ke museum, dan promosi melalui media sosialnya seperti instagram, facebook, youtube, website, catalog, dan baliho yang sudah terpasang di bandara Internasional Minangkabau.


Keywords


Strategi Pemasaran; Minat Berkunjung; Remaja; Museum.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31958/i-tourism.v3i2.10323

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Wilda Aswal Tini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats