STRATEGI PEMBERDAYAAN HALAL TOURISM DALAM UPAYA PERTUMBUHAN EKONOMI INDONESIA

tamara suria nengsi

Abstract


Beberapa tahun terakhir, sektor pariwisata terus menjadi salah satu sektor ekonomi yang paling cepat berkembang di dunia. Pariwisata telah menjadi salah satu poin utama dalam perdagangan internasional dan penambah penerimaan devisa utama di banyak negara berkembang. Pemberdayaan ekonomi yang berkelanjutan maka pemerintah harus mempersiapkan strategi untuk meningkatkan perkembangan pariwisata halal di Indonesia. Strategi ini diharapkan menjadi solusi dalam upaya pemberdayaan pariwisata halal di negara Indonesia. Tujuan dari penelitian ini berfokus pada strategi pemberdayaan pariwisata halal Indonesia. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian normatif atau penelitian pustaka (library reseach) dengan menggunkan dokumen tertulis sebagai data dan sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yang mencakup bahan hukum primer, sekunder dan tersier. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian yaitu pengumpulan data, display data dan verifikasi serta penegasan kesimpulan. Pada tahun 2023 Indonesia menduduki peringkat pertama sebagai destinasi wisata halal terbaik di dunia, mengalahkan 140 negara lainnya. hal yang menjadi acuan dalam pemberdayaan pariwisata halal di Indonesia yakni regulasi, fatwa, sumber daya manusia, objek wisata, preferensi masyarakat, dan promosi.


Keywords


Pariwisata halal, Pertumbuhan Ekonomi.

Full Text:

PDF

References


Adinugraha, H. H., Nasution, I. F. A., Faisal, F., Daulay, M., Harahap, I., Wildan, T., Takhim, M., Riyadi, A., & Purwanto, A. (2021). Halal Tourism in Indonesia: An Indonesian Council of Ulama National Sharia Board Fatwa Perspective. Journal of Asian Finance, Economics and Business, 8(3), 665–673. https://doi.org/10.13106/jafeb.2021.vol8.no3.0665

Afrilian, P., Yulianda, H., & Afriani, A. (2021). Strategi Promosi Wisata Kota Bukittinggi Melalui Kuliner Nasi Kapau. Indonesian Journal of Tourism and Leisure, 2(2), 107–117. https://doi.org/10.36256/ijtl.v2i2.163

Amaliyah, R., & Musa. (2022). Sektor Pariwisata, Pengangguran Dan Pertumbuhan Ekonomi Di Indonesia. Jurnal Al-Iqtishad, 18(1), 99–116.

Andriani, D. (2015). Pengembangan Wisata Syari’ah. Kementerian Pariwisata R.

Arijuddin, A. M., & Kunci, K. (2023). Optimalisasi Peran Wakaf dalam Pengembangan Pariwisata Halal di Indonesia. 6(1), 422–435.

Destiana, R. (2019). Abstrak. 01, 331–353.

Indonesia Targetkan Jadi Kampiun Industri Halal. (2023). Kemenperin.Go.Id. https://doi.org/https://www.kemenperin.go.id/artikel/24049/Indonesia-Targetkan-Jadi-Kampiun-Industri-Halal

Ilmiah, J., Afrilian, P., Hanum, L., & Syariah, P. (2022). Poli Bisnis. 14(2), 114–125.

Ismanto, K., & Rofiq, A. (2022). CONSTRUCTION OF RELIGIOUS TOURISM AS A HALAL TOURISM.

Kemenparekraf. (2022). Potensi Pengembangan Wisata Halal di Indonesia. Kemenparekraf.Go.Id. https://doi.org/https://kemenparekraf.go.id/ragam-pariwisata/Potensi-Pengembangan-Wisata-Halal-di-Indonesia

Maulana, N., & Subhani, M. (2021). International Journal of Islamic Business and Economics. 5(2). https://doi.org/10.28918/ijibec.v5i2.37

Nasution, L. Z. (2020). Penguatan Industri Halal bagi Daya Saing Wilayah: Tantangan dan Agenda Kebijakan. Journal of Regional Economics Indonesia, 1(2), 33–57. https://doi.org/10.26905/jrei.v1i2.5437

Rahma, A. A. (2020). Potensi Sumber Daya Alam dalam Mengembangkan Sektor Pariwisata Di Indonesia. Jurnal Nasional Pariwisata, 12(1), 1. https://doi.org/10.22146/jnp.52178

Rakhmawati, I., & Afandi, J. (2022). Ekonomi Syariah: Menjawab Strategi Pemulihan Ekonomi Pasca Pandemi. TAWAZUN : Journal of Sharia Economic Law, 5(1), 74. https://doi.org/10.21043/tawazun.v5i1.14486

Ramadhani, R. (2021). Analisis Yuridis Penguasaan Tanah Garapan Eks Hak Guna Usaha PT. Perkebunan Nusantara II Oleh Para Penggarap. Seminar Nasional Teknologi Edukasi …, 1, 857–864.

Rizaty, M. A. (2022). Jumlah Penduduk Muslim Indonesia Terbesar di Dunia pada 2022. DataIndonesia.Id. https://doi.org/https://dataindonesia.id/varia/detail/populasi-muslim-indonesia-terbesar-di-dunia-pada-2022

Saragih, H., Hutagalung, E., Hilm, M. Z., Hakim, A., Syukran, Ubaidullah, M. . ., Hariadi, T. M., Wicaksono, H. L., Buku, J., Aswicahyono, H., & Christian, D. (2019). Dampak Kebijakan Pintu Terbuka (Open Door Policy) Turki Bagi Pengungsi Suriah Terhadap Kepentingan Nasional Turki Tahun 2011-2016 (Studi Kasus Pengungsi Suriah Di Turki). JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala, 4(02), 256–279.

Satriana, E. D., & Faridah, H. D. (2018). Halal Tourism: Development, Chance and Challenge. Journal of Halal Product and Research, 1(2), 32. https://doi.org/10.20473/jhpr.vol.1-issue.2.32-43

Suban, S. A., Madhan, K., & Shagirbasha, S. (2023). A bibliometric analysis of Halal and Islamic tourism. International Hospitality Review, 37(2), 219–242. https://doi.org/10.1108/ihr-05-2021-0038

Supriono. (2022). Menuju Indonesia Emas Melalui Budaya Organisasi dan Budaya Kerja. CV. Bintang Semesta Media. https://doi.org/https://books.google.co.id/books?id=HBWtEAAAQBAJ

Surur, R. (2020). Wisata Halal Konsep dan Aplikasi. Alauddin University Press.

Suryanto, & Kurniati, P. S. (2020). Tourism Development Strategy In Indonesia. Academy of Strategic Management Journal, 19(6), 1–8.

Syahid, A. R. (2015). Pariwisata Halal : Pengertian, Prinsip dan Prospeknya. Studi Pariwisata,Com. https://doi.org/(https://studipariwisata. com/referensi/pariwisata-halal/,

Wahidati, L., & Sarinastiti, E. N. (2018). Perkembangan Wisata Halal di Jepang. Jurnal Gama Societa, 1(1), 9. https://doi.org/10.22146/jgs.34043

Warto, W., & Samsuri, S. (2020). Sertifikasi Halal dan Implikasinya Bagi Bisnis Produk Halal di Indonesia. Al Maal: Journal of Islamic Economics and Banking, 2(1), 98. https://doi.org/10.31000/almaal.v2i1.2803

Yulianda, H., Afrilian, P., Ekonomi, F., Iain, I., Sudirman, J. J., Kaum, L., Kab, B., & Datar, T. (2021). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan dalam penanganan dokumen perjalanan wisata umroh di tara tour selama periode liburan hari raya idul fitri 2018. Imara: JURNAL RISET EKONOMI ISLAM, 5(1), 23–32.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 tamara suria nengsi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats