MANAJEMEN CITRA DAN KEAMANAN DESTINNASI PARIWISATA DI KAWASAN WADUK DARMA, KABUPATEN KUNINGAN

rappi murni rara astiti, Amanda Azza Laeliyah

Abstract


Kata Kunci : Citra Destinasi, Wisatawan, Keamanan Destinasi, Waduk Darma

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperjelas bagaimana kebahagiaan pengunjung di Waduk Darma dipengaruhi oleh citra dan keamanan destinasi. Jenis penelitian ini menggunakan metodologi kuantitatif dan bersifat deskriptif. Wawancara lapangan digunakan untuk memperoleh data. Analisis deskriptif akan digunakan untuk menganalisis data penelitian. Analisis deskriptif digunakan dalam analisis data penelitian ini. Temuan penelitian menunjukkan bahwa kebahagiaan pengunjung dipengaruhi secara signifikan oleh citra dan keamanan destinasi. Temuan studi ini menunjukkan bahwa pemerintah daerah dan pemangku kepentingan industri pariwisata harus berupaya meningkatkan keamanan dan citra Waduk Darma dengan mempromosikan semua jenis daya tarik wisata dan menciptakan keamanan dan citra terbaik. Ada sejumlah fasilitas di Waduk Darma yang mungkin bisa memuaskan pengunjungnya



Keywords


Citra Destinasi, Wisatawan, Keamanan Destinasi, Waduk Darma

Full Text:

PDF

References


Davis, A. (2007). Mastering public relations. Palgrave Macmillan. Dowling, G. R. (2001). Creating corporate reputations: identity, image, and performance. Choice Reviews. Retrieved from https:// doi.org/10.5860/choice.39-0405 doi: 10.5860/choice.39-0405

Elsbach, K., & Benoit, W. (1997). Accounts, excuses, and apologies: A theory of image restoration strategies. Adm. Sci. Q. Retrieved from https://doi.org/10 .2307/2393739 doi: 10.2307/2393739

Fall, L. T. (2004).Journal of Vacation Marketing, 10(3), 238– 252. Retrieved from https://doi.org/ 10.1177/135676670401000304 doi: 10.1177/135676670401000304

Faulkner, B. (2001). Towards a framework for tourism disaster management. Tourism Management, 22(2), 135-147. Retrieved from https://doi.org/10.1016/ S0261-5177(00)00048-0 doi: 10.1016/S0261-5177(00)00048-0

Griffin-Padgett, D. R., & Allison, D. (2010). Making a case for restorative rhetoric: Mayor Rudolph Giuliani and Mayor Ray Nagin’s response to disaster. Communication Monographs, 77(3), 376-392. Retrieved from https://doi.org/10 .1080/03637751.2010.502536 doi: 10.1080/03637751.2010.502536

Henderson, J. C. (1999). Tourism management and the Southeast Asian economic and environmental crisis: A Singapore perspective. Managing Leisure, 4(2), 107– 120. Retrieved from https://doi.org/ 10.1080/136067199375887 doi: 10 .1080/136067199375887

Kemenparekraf.(2018). SOP pengelolaan krisis kepariwisataan. Jakarta: Author. Konecnik, M. (2004).Evaluating Slovenia’s image as a tourism destination: A self-analysis process towards building a destination brand.Journal of Brand Management, 11(4), 307– 316. Retrieved from https://doi.org/ 10.1057/palgrave.bm.2540175 doi: 10.1057/palgrave.bm.2540175

Pepy Afriliani, & Givara Oksafa Silvandi. (2022). Jurnal Kajian Pariwisata. Citra Destinasi Terhadap Loyalitas Wisatawan Melalui Kepuasan Wisatawan Di Desa Terindah Pariangan, 4(2), 1–12. https://doi.org/10.51977/jiip.v4i2.753

Rachmawati, F. (2019).Pasca-gempa Lombok, pelaku wisata pendakian Gunung Rinjani mulai berbenah.Kompas.com. Reynolds, B., & Shenhar, G. (2016). Crisis and emergency risk communication. Ritchie, B. W. (2004). Chaos, crises and disasters: A strategic approach to crisis management in the tourism industry. Tourism Management, 25(6), 669–683. Retrieved from https://doi.org/10 .1016/j.tourman.2003.09.004 doi: 10.1016/j.tourman.2003.09.004

Ruslan, R. (2010). Manajemen public relations dan media komunikasi: Konsepsi dan aplikasi. Jakarta: Rajawali Pers. Seeger, M. W., & Padgett, D. R. G. (2010). From image restoration to renewal: Approaches to understanding postcrisis communication. Review of Communication, 10(2), 127- 141. Retrieved from https://doi.org/ 10.1080/15358590903545263 doi: 10.1080/15358590903545263

Simonin, B. (2008). Nation branding and public diplomacy: Challenges and opportunities. Fletcher Forum World Aff.Stacks, D., & Tilson, D. (2002). Paradise lost and restored. Florida and the tourist murders. London: Routledge. Suriyani, L. (2018). Pasca gempa, sistem baru pendakian Rinjani bakal berlakukan kuota dan monitoring: Seperti apa? Mongabay.Ulmer, R., Sellnow, T., & Seeger, M. (2007).Effective crisis communication. Thousand Oaks, CA: SAGE Publications. Ulmer, R. R., & Sellnow, T. L. (2002). Crisis management and the discourse of renewal: Understanding the potential for positive outcomes of crisis. Public Relations Review, 28(4), 361-365. Retrieved from https://doi.org/10.1016/ S0363-8111(02)00165-0 doi: 10.1016/S0363-8111(02)00165-0

Wasesa, S. (2005). Strategi public relations: Bagaimana strategi public relations dari 36 merek global dan lokal membangun citra, mengendalikan krisis dan merebut hati konsumen. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Dinas Pariwisata Pos dan Telekomunikasi dan Pusat Penelitian Kepariwisataan Lembaga Penelitian ITB, 1997.Penelitian Sistem Pariwisata Nasional. Jakarta.Pitana, I Gde dan I Ketut Surya Diarta. Pengantar Ilmu Pariwisata.Yogyakarta: Penerbit Andi, 2009




DOI: http://dx.doi.org/10.31958/i-tourism.v4i1.12799

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 rappi murni rara astiti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats