Analisis Minat Beli Pengunjung Terhadap Perkembangan Produk Industri Pariwisata Kreatif Sulaman Ambun Suri Bukittinggi

Nency Ayu Wandira, Rika Widianita

Abstract


Penelitian ini di latar belakangi oleh Sulaman Ambun Suri yang masih menggunakan mesih manual untuk proses produksi dan membutuhkan waktu lama. Minat beli anak muda masih sedikit karena harga dan belum mengenal produk Sulaman Ambun Suri sebagai produk industri pariwisata kreatif Bukittinggi. Persaingan pasar yang tinggi membuat minat beli pengunjung lebih memilih perkembangan produk yang di jual di pasaran di bandingkan produk Sulaman Ambun Suri. Dan minat beli pengunjung luar negeri tinggi namun terbatas oleh akses yang menjadi kendala utama dalam pendistribusiannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah minat beli pengunjung berpengaruh terhadap perkembangan produk industri pariwisata kreatif Sulaman Ambun Suri Bukittinggi. Jenis penelitian lapangan menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pengunjung Sulaman Ambun Suri Bukittinggi. Pengambilan data yang digunakan adalah sampling insidental dengan rumus Lemeshow. Sehingga sampel yang digunakan sebanyak 96 responden. Hasil penelitian yang digunakan menunjukkan bahwa variabel minat beli pengunjung (X) berpengaruh secara signifikan terhadap perkembangan produk (Y) industri pariwisata kreatif Sulaman Ambun Suri Bukittinggi dimana kontribusinya 92,6% sedangkan 7,4% sisanya dipengaruhi oleh variabel lainnya. Penemuan ini akan membantu pembeli dalam memahami perkembangan produk di industri pariwisata kreatif.                                                                                      

Kata Kunci: Industri Pariwisata Kreatif; Minat Beli Pengunjung; Perkembangan Produk.

 


Keywords


Industri Pariwisata Kreatif; Minat Beli Pengunjung; Perkembangan Produk.

Full Text:

PDF

References


Agus, W. (2013). Ekonometrika: Pengantar dan Aplikasinya. Jakarta: Ekonosia.

Alma, B. (2011). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Andansari, D. (2019). Preferensi Masyarakat Kalimantan Timur Terhadap Pemilihan Produk Fesyen Berbahan Ulap Doyo. Jurnal Kreatif: Desain Produk Industri dan Arsitektur, 1-10.

Arjana, I. G. (2016). Geografi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Jakarta: Rajawali Press.

Ashoer, M. (2021). Ekonomi Pariwisata. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Badriyah, S. (2021). Analisis Minat Beli Mahasiswa Terhadap Produk Pakaian Melalui Media Sosial Dalam Perspektif Bisnis Islam (Studi Mahasiswa Jurusan Manajemen Bisnis Syariah UIN Raden Intan Lampung). Skripsi FEBI Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, 59.

Basu, S. (2009). Manajemen Pemasaran Analisis Perilaku Konsumen. Yogyakarta: BPFE.

Cyrus R. Metha, N. R. (2013). IBM SPSS Exact Test. Cambridge: Massachusetts.

Ferdinand, A. (2014). Metode Penelitian Manajemen. Semarang: BP Universitas Dipenogoro.

Huda, N. (2022). Pariwisata Syariah. Jakarta: Kencana.

Husein, U. (2013). Manajemen Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Jakarta: PT Gramedia Pustaka.

Irwannus Pratama, R. R. (2020). Perngaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sulaman Khas Kota Padang. Jurnal Eco Gen, 27-35.

Ismayati. (2010). Pengantar Pariwisata. Jakarta: Grasindo.

Philip Kotler, K. L. (2012). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Philip Kotler, K. L. (2017). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Prenhallindo.

Rahardjo, T. W. (2018). Strategi Pemasaran dan Penguatan Daya Saing Produk Batik UMKM. Surabaya: CV Jakad Publishing.

Setiadi, N. J. (2013). Perilaku Konsumen. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Simamora, H. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sjah, T. (2019). Pengembangan Produk Unggulan. Mataram: Balilatfo.

Soegoto, E. S. (2016). Marketing Research The Smart Way to Solve a Problem. Surabaya: Elex Media Komputindo.




DOI: http://dx.doi.org/10.31958/i-tourism.v3i1.8617

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Nency Ayu Wandira, Rika Widianita

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats