PERSEPSI PESERTA DIDIK TERHADAP PERAN PERPUSAKAAN DALAM MENUNJANG PROSES BELAJAR MENGAJAR DI SMP NEGERI 5 PONTIANAK

Wahyu Pitri Abriyani, Amriani Amir, Sahidi Sahidi

Abstract


Perpustakaan sebagai salah satu sarana pendidikan sekolah dalam mendukung proses belajar dan pembelajaran serta untuk mencapai tujuan pendidikan di sekolah, khususnya pada sekolah menengah pertama yang berperan sangat penting sebagai mitra dalam proses belajar mengajar yang mudah dikelola. Penelitian ini mendeskripsikan persepsi peserta didik dalam pemanfaatan perpustakaan dan bagaimana persepsi peserta didik terhadap peran perpustakaan dalam menunjang proses belajar mengajar di SMP Negeri 5 Pontianak. Penelitian ini menggunakan       metode kualitatif deskriptif serta pengumpulan data dengan melakukan teknik observasi non partisipan, wawancara kepada 7 informan dan studi dokumenter untuk memperkuat hasil temuan. Analisis data dilakukan dengan menggunakan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan pemanfaatan perpustakaan oleh peserta didik di SMP Negeri 5 Pontianak telah dilakukan dengan baik, pemanfaatan koleksi, fasilitas, dan tata ruang yang nyaman untuk mendukung proses pembelajaran. Persepsi peserta didik terhadap perpustakaan di SMP Negeri 5 Pontianak sangat bervariasi, mayoritas dari pesera didik memililiki persepsi bahwa koleksi non fiksi sangat memengaruhi penggunaannya sebagai sumber belajar yang berharga dalam meningkatkan pengalaman belajar mereka secara interaktif serta sebagian dari pesera didik yang belum sepenuhnya memanfaatkan potensi perpustakaan atau merasa kurang tertarik dengan layanan yang ditawarkan.

 

 


Keywords


Perpustakaan Sekolah, Persepsi, Proses Belajar Mengajar

Full Text:

PDF

References


Afsari, S., Safitri, I., Harahap, S. K., & Munthe, L. S. (2021). Systematic Literature Review: Efektivitas Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Pada Pembelajaran Matematika. Indonesian Journal of Intellectual Publication, 1(3), 189–197. https://doi.org/10.51577/ijipublication.v1i3.117

Aisya, M., & Santoso, B. (2021). Pengaruh Pemanfaatan Koleksi Fiksi Terhadap Minat Baca Anak Didik Lapas (Andikpas) Di Perpusatakaan Lembaga Pembinaan Khusus Anak (Lpka) Klas

Palembang. TADWIN : Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 2(1), 61–67. https://doi.org/10.19109/tadwin.v2i1.8388

Akbar, A. P., & Komarudin, Y. T. (2015). The Influence of Students’learning behaviour on The Utilization of School Library as Learning Resources. Edulib, 5(2), 71–86. https://doi.org/10.17509/edulib.v5i2.4395

Alokluk, J. (2020). Attitude of Students towards the Use of Library Facilities: A Case Study. International Journal of Humanities, Social Sciences and Education, 7(1), 24–36. https://doi.org/10.20431/2349-0381.0701003

Artana, I. K. (2019). Upaya Mengoptimalkan Peran Perpustakaan Sekolah Melalui Pengelolaan Yang Profesional. ACARYA PUSTAKA: Jurnal Ilmiah Perpustakaan Dan Informasi, 6(1), 1–9. https://doi.org/10.23887/XXXXXX-XX-0000-00

Aryani, F., & Armiati, A. (2021). Analisis Tata Ruang Perpustakaan Sekolah. Jurnal Ecogen, 4(2), 259. https://doi.org/10.24036/jmpe.v4i2.11162 Bukhori, I. (2017). Pengaruh Prestasi Peserta Didik Tentang Koleksi Dan Sarana Perpustakaan Terhadap Motivasi Berkunjung. Pengaruh Prestasi Peserta Didik Tentang Koleksi Dan Sarana Perpustakaan Terhadap Motivasi Berkunjung, 3(2), 57–68.

Dayshandi, D., Handayani, S. R., & Yaningwati, F. (2015). Pengaruh Persepsi dan Motivasi terhadap Minat Mahasiswa Program Studi Perpajakan untuk berkarir di bidang perpajakan (studi pada mahasiswa fakultas ilmu administrasi universitas brawijaya). Jurnal Perpajakan (JEJAK), 1(1), 1–23.

Dewi, L., & Suhardini, A. D. (2014). Peran Perpustakaan Dan Tenaga Perpustakaan Sekolah/Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Sekolah/Madrasah. Edulib, 4(2), 57–83. https://doi.org/10.17509/edulib.v4i2.1134

Eskha, A. (2018). Peran Perpustakaan Sebagai Sumber Belajar. Jurnal Imam Bonjol : Kajian Ilmu Informasi Dan Perpustakaan, 2(1), 12–18.

Fitria, A. (2018). Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Oleh Siswa Di Sekolah Dasar Negeri Golo Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi, 5(20), 7.

Huda, I. C. (2020). Peranan Perpustakaan Sekolah Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 38–48. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.86

Isdhiega Arya Subiyantara. (2015). EKSISTENSI PERPUSTAKAAN SEKOLAH DI ERA TEKNOLOGI

INFORMASI (Studi Kasus Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah di SMA Negeri 1 Surakarta). SOSIALITAS; Jurnal Ilmiah Pend. Sos Ant, 5.

Jayanti, F., & Arista, N. T. (2019). Persepsi Mahasiswa Terhadap Pelayanan Perpustakaan Universitas Trunojoyo Madura. Competence : Journal of Management Studies, 12(2), 205–223. https://doi.org/10.21107/kompetensi.v12i2.4958

Jorgenson, S., & Burress, R. (2020). Analyzing the diversity of a high school library collection. Knowledge Quest, 48(5), 48–53.

Khasiati, N. (2021). Peran Perpustakaan Sekolah Dalam Mendukung Proses Pembelajaran Di Smpit Alfarisi Sleman Diy. Jurnal Khazanah Intelektual, 5(1), 987–1007. https://doi.org/10.37250/newkiki.v5i1.91

Lestari, A., & Madeten, S. S. (2020). Manajemen Perencanaan Tata Ruang Perpustakaan Smp Negeri 8 Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Katulistiwa, 9(1), 1–9.

M. Najicun, W. W. (2017). Hubungan persepsi siswa dengan gaya mengajar guru matematika dengan hasil belajar matematika siswa. Jurnal Psikologi Undip, 15(2), 139–146.

Malik, A. (2014). Fungsi Komunikasi Antara Guru dan Siswa dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan (Studi Kasus Proses Belajar Mengajar pada SMP Negeri 3 Sindue). Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(2), 168–173. https://ejournal.undip.ac.id/index.php/interaksi/article/view/878 3

Mathar, T., Hijrana, Haruddin, Akbar, A. K., Irawati, & Satriani. (2021). The Role of UIN Alauddin Makassar Library in Supporting MBKM Program. … on Social and …, July 2022, 215–224. https://proceedings.uin- alauddin.ac.id/index.php/sis/SIS2021/paper/view/163

Maulidiyah, A., & Roesminingsih, E. (2020). Layanan dan Fasilitas Perpustakaan Dalam Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 8(4), 389–400.

Moto, M. M. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran dalam Dunia Pendidikan. Indonesian Journal of Primary Education, 3(1), 20–28. https://doi.org/10.17509/ijpe.v3i1.16060

Nugroho, F. A. (2014). Persepsi Siswa Terhadap Kinerja Guru Bimbingan dan Konseling yang Bersertifikasi Pendidik. PSIKOPEDAGOGIA Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(2),

https://doi.org/10.12928/psikopedagogia.v3i2.4470

Nuryadi, & Rahmawati, P. (2018). Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika. Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(1), 53–62. http://dx.doi.org/10.26486/jm.v3i1.656W:http://ejurnal.mercubu ana-yogya.ac.id/index.php/mercumatika

O., O. A., D., D. O., & A., A. C. (2016). Students’ Perceived Quality of Library Facilities and Services in Nigerian Private Universities. Journal of Education and Training Studies, 4(5), 41–50. https://doi.org/10.11114/jets.v4i5.1396

Olagbaju, O. O., & Popoola, A. G. (2020). Effects of Audio- visual Social Media Resources-supported Instruction on Learning Outcomes in Reading. International Journal of Technology in Education, 3(2), 92.

https://doi.org/10.46328/ijte.v3i2.26

Rahadian, G., Rohanda, R., & Anwar, R. K. (2014). Peranan Perpustakaan Sekolah Dalam Meningkatkan Budaya Gemar Membaca. Jurnal Kajian Informasi Dan Perpustakaan, 2(1), 47. https://doi.org/10.24198/jkip.v2i1.11628

Raibowo, S., & Nopiyanto, Y. E. (2020).

yandika_fr,+6.+Raibowo. 1, 112–119.

Rismayeti, R., & Sum, T. M. (2020). Convenience Environment in Library and Archives Service: Promotion Activities Evaluation in Pekanbaru. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 469(1). https://doi.org/10.1088/1755- 1315/469/1/012071

Rossi delta fitrianah. (2018). Perpustakaan Sebagai Media Dan Sumber Belajar Bahasa Arab Disekolah. AL Maktabah, 3(1), 15.

Salsabila, U. H., Ilmi, M. U., Aisyah, S., & Saputra, R. (2020). Peran Teknologi Pendidikan dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Era Disrupsi. 03(01), 104–112.

Saputra, C. A., Syah, N., Andayono, T., & Inra, A. (2018). Persepsi Mahasiswa Terhadap Kenyamanan Ruang

Perpustakaanuniversitas Negeri Padang. CIVED (Journal of Civil Engineering and 5Vocational Education), 5(3), 1–6.

Shopova, T. (2014). Digital literacy of students and its improvement at the university. Journal on Efficiency and Responsibility in Education and Science, 7(2), 26–32. https://doi.org/10.7160/eriesj.2014.070201

Soleha, T., Oktavia, A., & Zein, S. (2022). Rekajiva-67 Rekajiva. Jurnal Desain Interior |, 1(1), 67–77.

Soraya, N. (2018). Analisis Persepsi Mahasiswa Terhadap Kompetensi Dosen Dalam Mengajar Pada Program Studi Pai Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Uin Raden Fatah Palembang. Tadrib: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(1), 183–204. https://doi.org/10.19109/tadrib.v4i1.1957

Sumarly, V., Arisandi, D., & Sutrisno, T. (2020). Utilization of apriori algorithm for book layout design in UNTAR library. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 1007(1). https://doi.org/10.1088/1757-899X/1007/1/012160

Umar, T. (2013). Perpustakaan sekolah dalam menanamkan budaya membaca. Khizanah Al-Hikmah : Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, Dan Kearsipan, 1(2), 123–130. http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/khizanah-al- hikmah/article/view/32

Wahyuni, M. (2015). PERAN PUSTAKAWAN SEBAGAI

PENYEDIA INFORMASI Oleh: Mutiara Wahyuni. Iqra, Jurnal, 09(02), 39–53.

http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/iqra/article/viewFile/73/225

Wheeler, E., & McKinney, P. (2015). Are librarians teachers? Investigating academic librarians’ perceptions of their own teaching roles. Journal of Information Literacy, 9(2), 111–128. https://doi.org/10.11645/9.2.1985

Wicaksono, M. F. (2018). Membandingkan Kompetensi Pustakawan Pendidikan dengan Pustakawan Pelatihan. Jurnal Ilmu Informasi, Perpustakaan, Dan Kearsipan, 20(2). https://doi.org/10.7454/jipk.v20i2.103




DOI: http://dx.doi.org/10.31958/jipis.v2i2.10319

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Wahyu Pitri Abriyani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam content about: library science, library scientific communication, library information and technology, archives and documentation, digital libraries, library management, knowledge management, digital and information literacy, information services in libraries

Indexed By:

   


View My Stats 

Lisensi Creative Commons

Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam - distribute under Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional