Implementasi Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Luar Biasa Yayasan Bunda Saifullah Meutuah (SLB-YBSM) Banda Aceh

Zuriatina Zuriatina, Ruslan Ruslan, T. Mulkan Safri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara implementasi panduan gerakan literasi sekolah dan kendala-kendala yang dihadapi oleh guru dalam mengimplementasi panduan gerakan literasi sekolah di Sekolah Luar Biasa YBSM Banda Aceh. Jenis penelitian ini deskriptif kualitatif. pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dengan pihak sekolah SLB-YBSM Banda Aceh dan melakukan dokumentasi sebagai pendukung penelitian. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menjelaskan bahwa; Implementasi panduan gerakan literasi sekolah di Sekolah Luar Biasa YBSM Banda Aceh; Menyusun berbagai program, guna mudah menerapkan GLS bagi siswa difabel grahita. 2. Kendala yang dihadapi, difabel grahita tidak fokus dan susah diatur. Selain itu, masih terdapat orang tua siswa yang tidak begitu memahami tentang budaya literasi bagi siswa. Sehingga hal ini akan berdampak pada siswa dalam menerapkan budaya baca saat berada dirumah.

Keywords


Implementasi, Gerakan Literasi Sekolah, Sekolah Luar Biasa

References


Antoro, B. Gerakan Literasi Sekolah dari Pucuk Hingga Akar Sebuah Refleksi. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017.

Dewi Nirmala Sari. Implementasi Gerakan Literasi Sekolah bagi Siswa Tunarungu di SDLB-B Karya Mulia 1 Surabaya. Jurnal Pendidikan Khusus. Vol 1 No 2, 2018, 12.

Hidayat, M.H. Basuki, I.A. & Akbar. S, “Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar”, Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan. vol. 3, no. 6, pp. 810-817, Juni. 2018. DOI: 10.17977/jptpp.v3i6.11213.

Moses, Melmambessy. “Analisis Pengaruh Pendidikan, Pelatihan, dan Pengalaman Kerja terhadap Produktivitas Kerja Pegawai Dinas Pertambangan dan Energi Provinsi Papua.” Media Riset Bisnis & Manajemen 12. 1. 2012.

Nurlian Sari, T.M. Safri, Ruslan, Suci Fajarni. "Analisis Tahapan Kegiatan Biblioterapi bagi Siswa Disabilitas di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri 2 Sabang. IJLIS (Inonesian Journal of Library and Information Science). Vol 4, No. 2, 2023.

Pangesti Wiedarti dkk, Desain Induk Gerakan Literasi Sekolah, (Jakarta: Dirjen Didaksmen, 2016), hlm. 20

Sisdiknas, Tentang Sistem Pendidikan Nasional Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: PT Remaja. Rosdakarya, 2006.

Suderajat, H. Manajemen Peningkatan mutu Berbasis Sekolah, Bandung: Cipta Cekas Grafika, 2015.

Wahyuningsih, S., Yusuf, A., Rismayati, R., & Setiakarnawijaya, Y. Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Luar Biasa, Jakarta: Ditjen Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud, 2016.

Yulisa Wandasari, Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Sebagai Pembentuk Pendidikan Berkarakter, JMKSP Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan, Vol 1, No. 1, Juli-Desember 2017, hlm. 326.




DOI: http://dx.doi.org/10.31958/jipis.v3i1.11918

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Tina Zuria

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam content about: library science, library scientific communication, library information and technology, archives and documentation, digital libraries, library management, knowledge management, digital and information literacy, information services in libraries

Indexed By:

   


View My Stats 

Lisensi Creative Commons

Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam - distribute under Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional