Strategi Promosi Literasi Melalui Wisata Pantai (Studi Pembelajaran pada Sophie’s Sunset Library)

Dwi Oktaviani, Zikrayanti Zikrayanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi promosi literasi melalui wisata pantai yang dilakukan Sophie’s Sunset Library, apakah kegiatan promosi literasi melalui wisata pantai yang telah dilakukan oleh Sophie’s Sunset Library memberikan dampak positif kepada masyarakat, dan apa saja tantangan yang dihadapi dalam mempromosikan literasi kepada masyarakat melalui wisata pantai. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah pengelola Sophie’s Sunset Library dan enam orang peserta kegiatan promosi literasi yang dipilih berdasarkan teknik purposive sampling, masing-masing diantaranya dua orang dari kegiatan Festival Literasi Kecil Aceh, Bookdate, dan Malam Minggu Berpuisi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi promosi literasi melalui wisata pantai yang dilakukan oleh Sophie’s Sunset Library adalah dengan membangun komunikasi dengan pemustaka, membangun kerjasama dengan pihak ketiga, dan membuat program-program promosi literasi. Strategi promosi literasi yang dilakukan memberikan dampak positif yang dapat dirasakan oleh masyarakat, yaitu adanya peningkatan partisipasi masyarakat pada kegiatan-kegiatan literasi, menstimulasikan inovasi pembelajaran yang menarik dan menyenangkan, serta mendorong minat membaca dan belajar masyarakat. Kemudian tantangan yang dihadapi Sophie’s Sunset Library dalam mempromosikan literasi melalui wisata pantai, yaitu; Pertama, lokasi yang jauh dari pusat kota. Kedua, keterbatasan anggaran dalam operasional pustaka Sophie’s Sunset Library.

References


Arini, M., & Hidayah, N. (2021). Membangun Budaya Literasi Melalui Inisiasi Perpustakaan Anak Pada Tpq Darul Falah , Banjarnegara. Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat, 669–676. https://doi.org/10.18196/ppm.42.884

Bakri. (2019). Minat Baca Rendah, Aceh Carong Sulit Dicapai. Serambinews.Com. https://aceh.tribunnews.com/2019/01/28/minat-baca-rendah-aceh-carong-sulit-dicapai

Desi. (2020). Keragaman Wisata Aceh yang Elok. REQnew.Com. https://www.reqnews.com/read/leisure/26247/keragaman-wisata-aceh-yang-elok

Lubis, U. H., & Azhar, A. A. (2023). Trend Library Cafe Dalam Mendukung Minat Baca Generasi Muda. Journal of Education Research, 4(2), 732–741.

Minati, N. I., & Arfa, M. (2017). Peran Perpustakaan Kineruku Terhadap Minat Baca Pengunjung Kafe Kineruku Bandung. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 6(1), 381–390. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/23096

Mochammad, R., MS, R. A., & Cahyono, T. Y. (2020). Library 4.0: Eco-Blended Library and Library Inclusion. Khizanah Al-Hikmah: Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi Dan Kearsipan, 8(2), 116–129. https://doi.org/10.24252/kah.v8i2a2

Nuraini, N. (2022). Peran Perpustakaan Kafe Literacy Coffee dalam meningkatkan minat baca pengunjung di Kota Medan. Berkala Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 18(1), 45–58. https://doi.org/10.22146/bip.v18i1.2100

Puspitasari, D. (2017). Library Cafe: Suatu Alternatif dalam Meningkatkan Minat Baca Masyarakat. Libraria: Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 6(2), 79–86. https://fppti-jateng.or.id/libraria/index.php/lib/article/download/48/38

Sihombing, J. C. (2022). Membaca, to Kill Time or to Full Time. Djkn.Kemenkeu.Go.Id. https://www.djkn.kemenkeu.go.id/kpknl-sidempuan/baca-artikel/15159/Membaca-to-kill-time-or-to-full-time.html

UIL. (2020). Global Alliance for Literacy within the Framework of Lifelong Learning (GAL): strategy 2020–2025 - UNESCO Digital Library. https://unesdoc.unesco.org/ark:/48223/pf0000373033R. Irmanita, S. Suryani Prasetiyowati, and Y. Sibaroni, “Classification of Malaria Complication Using CART (Classification and Regression Tree) and Naïve Bayes”, RESTI, vol. 5, no. 1, pp. 10 - 16, Feb. 2021. https://doi.org/10.29207/resti.v5i1.2770




DOI: http://dx.doi.org/10.31958/jipis.v3i1.12295

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Dwi Oktaviani, Zikrayanti Zikrayanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam content about: library science, library scientific communication, library information and technology, archives and documentation, digital libraries, library management, knowledge management, digital and information literacy, information services in libraries

Indexed By:

   


View My Stats 

Lisensi Creative Commons

Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam - distribute under Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional