Strategi Pustakawan Sekolah dalam Mempromosikan Perpustakaan dengan Konsep P3FLU (Studi Kasus pada Perpustakaan Sekolah Sukma Bangsa Lhokseumawe)

Ernawati Ernawati

Abstract


Perpustakaan sekolah Sukma Bangsa Lhokseumawe memiliki fasilitas sarana dan prasarana yang cukup memadai. Oleh karena itu  agar perpustakaan selalu eksis dan berdayaguna maka diperlukan konsitensi dan inovasi pustakawan dalam memajukan perkembangan perpustakaan yang dikelola. Untuk melakukan pengembangan perpustakaan maka diperlukannya promosi perpustakaan. Baik melalui media sosial atau memberikan informasi dari mulut kemulut. Hal tersebut diperlukan sebagai alternatif yang dapat dilakukan agar perpustakaan semakin dikenal dan senang dikunjungi oleh pengguna. Adapun bentuk promosi perpustakaan yang dapat dilakukan oleh perpustakaan sekolah dalam rangka Promosi, Publisitas dan Pemasaran For Library User atau di singkat dengan Konsep P3FLU dengan agenda kegiatan diantaranya Pameran buku (Bazaar Buku), Lomba Literasi, Program GLS (Gerakan Literasi Sukma), Penataan Perpustakaan, Funday Literacy, User Education (Bimbingan Pemustaka). Program-program tersebut dilakukan secara konsistensi oleh pustakawan sekolah dalam rangka menunjang dan mempromosikan keberadaan perpustakaan yang berdaya guna sesuai dengan fungsi perpustakaan. Tujuan utama kegiatan ini adalah agar semua pengguna/pemustaka mengenal dan menggunakan perpustakaan sebagai media sarana belajar serta menemukan informasi sekaligus melihat setiap perkembangan dari kegiatan-kegiatan di perpustakaan. Selain itu dengan sasaran utama yang ingin dicapai adalah menarik minat kunjung dan mendorong minat baca bagi seluruh pemustaka khususnya siswa Sekolah Sukma Bangsa Lhokseumawe.


Full Text:

PDF

References


Darmono. 2007. Perpustakaan Sekolah : Pendekatan Aspek Manajemen dan Tata Kerja, Jakarta : Grasindo.

Fita Nur Arifa. 2016. Menjadi Guru Teladan, Kreatif, Inspiratif, Motivatif, & Profesional, Yogyakarta : Araska.

Iskandar, Metodologi Penelitian Kualitatif .Jakarta : Gaung Persada, 2009)

Melsiberman. 2001. Active Learning : Yogyakarta : Yappendis.

M. T. Sumantri. 2008. Panduan Penyelenggaraan Perpustakaan Sekolah, Jakarta : Rosda.

Nuni Yusvavera Syatra. 2013. Desain Relasi Efektif Guru dan Murid, Jogyakarta : Buku Biru.

Sujatna.2018. Inovasi Pustakawan Zaman Now, Tanggerang : Mahara Publishing.




DOI: http://dx.doi.org/10.31958/jipis.v1i1.5966

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JIPIS: Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

JIPIS content about: library science, library scientific communication, library information and technology, archives and documentation, digital libraries, library management, knowledge management, digital and information literacy, information services in libraries

Indexed By:

   


 

Lisensi Creative Commons

JIPIS: Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam - distribute under Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional