Implementasi Peraturan Kepala Perpustakaan Nasional No. 12 Tahun 2017 tentang Standar Nasional Perpustakaan Sekolah Menengah Atas di Perpustakaan SMA Negeri 10 Sijunjung
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi standar koleksi, standar sarana dan prasarana, standar pelayanan, standar penyelenggaraan, dan standar pengelolaan di Perpustakaan SMA Negeri 10 Sijunjung. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Standar koleksi yang belum memenuhi standar adalah jenis koleksi perpustakaan yang belum memiliki koleksi terbitan berkala dan audio visual, jumlah koleksi buku nonfiksi dan fiksi tidak sampai 2000 judul, koleksi referensi seperti kamus subjek, ensiklopedi, dan direktori belum tersedia, sedangkan yang sudah memenuhi meliputi pengolahan bahan perpustakaan, cacah ulang dan penyiangan, serta perawatan. (2) Standar sarana dan prasarana yang belum memenuhi adalah gedung karena luas gedung tidak mencapai 216 m2, belum memiliki area multimedia, dan sarana perpustakaan yang belum memiliki peralatan multimedia yang lengkap, sedangkan yang sudah memenuhi yaitu lokasi perpustakaan. (3) Standar pelayanan yang belum memenuhi adalah jam layanan yang tidak sampai 8 jam per hari kerja, jenis layanan literasi informasi yang belum ada, program literasi informasi dilakukan hanya 2 kali dalam setahun, promosi perpustakaan hanya dalam bentuk majalah dinding, sedangkan yang sudah memenuhi ialah program wajib baca, program pendidikan pemustaka, dan kerja sama. (4) Standar tenaga semua indikatornya telah memenuhi standar. (5) Standar penyelenggaraan yang belum memenuhi yaitu nomor pokok perpustakaan yang belum ada, struktur organisasi yang belum terdiri dari layanan teknologi informasi, program kerja karena belum dibuat secara tertulis, sedangkan yang sudah memenuhi adalah penyelenggaraan perpustakaan. (6) Standar pengelolaan semua indikatornya telah memenuhi standar.
Kata kunci: implementasi, standar nasional perpustakaan, perpustakaan sekolah
Full Text:
PDFReferences
Afrizal. (2019). Mengenal Koleksi Perpustakaan. Kajian Ilmu Informasi dan Perpustakaan, 111. Dipetik Januari 31, 2022, dari https://journal.pustakauinib.ac.id/index.php/jib/article/view/52
Ardyawin, I. (2018, Februari). Urgensi Pengembangan Koleksi sebagai Upaya Menyediakan Koleksi yang Berkualitas di Perpustakaan. ADABIYA, 57. Dipetik April 16, 2022, dari https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/adabiya/article/view/6779
Bororing, H. (2016). Pemanfaatan Jasa Layanan Sirkulasi UPT Perpustakaan oleh Mahasiswa UNSRAT. Acta Diurna, 6. Dipetik Juli 02, 2022, dari https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/14278
Dewi, L., & Suhardini, A. D. (2014). Peran Perpustakaan dan Tenaga Perpustakaan Sekolah/Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Sekolah/Madrasah. EduLib, 68. Dipetik Juni 23, 2022, dari https://ejournal.upi.edu/index.php/edulib/article/view/1134
Heryana, A. (2018). Informan dan Pemilihan Informan dalam Penelitian Kualitatif. UE Unggul, 4. Dipetik Februari 5, 2022, darihttps://www.researchgate.net/profile/Ade-Heryana/publication/329351816_Informan_dan_Pemilihan_Informan_dalam_Penelitian_Kualitatif/links/5c02c716299bf1a3c159bd92/Informan-dan- Pemilihan-Informan-dalam-Penelitian-Kualitatif.pdf
Hidayati, U. (2014). Pemenuhan Standar Nasional Perpustakaan di Madrasah Aliyah. Edukasi, 57. Dipetik Juni 23, 2022, dari https://jurnaledukasikemenag.org/index.php/edukasi/article/view/73
Ibrahim, A. (2013, Januari-Juni). Perawatan dan Pelestarian Bahan Pustaka. Khizanah Al- Hikmah, 77-90. Dipetik April 16, 2022, dari https://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/khizanah-al-hikmah/article/view/30
Indonesia, P. N. (2015). Pedoman Penyelenggaraan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Perpustakan Nasional Republik Indonesia. Dipetik Juni 24, 2022, dari https://pustaka-digital.kemdikbud.go.id/slims/index.php?p=show_detail&id=2865
Kalsum, U. (2016). Referensi sebagai Layanan, Rererensi sebagai Tempat: Sebuah Tinjauan terhadap Layanan Referensi di Perpustakaan Perguruan Tinggi. Iqra' Volume, 136-137. Dipetik Maret 12, 2022, dari http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/iqra/article/view/305
Putriaurina, A. D., Syam, ,. R., & Ruqayah, F. (2021). Layanan Perpustakaan Berdasarkan Standar Nasional Perpustakaan. Tibanndaru, 168. Dipetik Juni 23, 2022, dari https://www.researchgate.net/publication/357467386
Rangkuti, L. A. (2013, Oktober). Analisa Sistem Pengolahan Buku di Perpustakaan IAIN Sumatera Utara. Iqra, 72. Dipetik April 16, 2022, dari https://repositori.usu.ac.id/bitstream/handle/123456789/23639/162201011.pdf?sequence=1&isAllowed=y
Sabarina, & Amir, A. (2018). Sarana dan Prasarana di Perpustakaan Institut Agama Islam Pontianak. Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 3. Dipetik Juni 23, 2022, dari https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/29541
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Tular, M. (2016). Kajian Pengadaan Koleksi UPT Perpustakaan dalam Menyediakan Informasi yang di Butuhkan oleh Mahasiswa Universitas Sam Ratulangi. Acta Diurna, 9. Dipetik Juli 31, 2022, dari https://media.neliti.com/media/publications/89774-ID-kajian-pengadaan-koleksi-upt-perpustakaa.pdf
Yusuf, P. M., & Suhendar, Y. (2007). Pedoman Penyelenggaraan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
DOI: http://dx.doi.org/10.31958/jipis.v1i2.6755
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Atikah Luqiana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam content about: library science, library scientific communication, library information and technology, archives and documentation, digital libraries, library management, knowledge management, digital and information literacy, information services in libraries
Indexed By:
Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam - distribute under Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional