Penggunaan Media Sosial Instagram oleh Mahasiswa Ilmu Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Abstract
Media sosial merupakan salah satu dari perkembangan internet. Jenis media sosial yang biasa digunakan adalah Facebook, Twitter, Youtube, dan Instagram. Instagram merupakan aplikasi sosial yang terkenal dalam kalangan pengguna smartphone. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan media sosial Instagram oleh Mahasiswa Ilmu Perpustakaan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan jumlah sampel 150 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswi mendominasi penggunaan Instagram dengan persentase 74% atau sejumlah 111 mahasiswa, pengguna instagram angkatan 2020 mendominasi penggunaan Instagram dengan persentase 59%, semua pengguna instagram memiliki akun instagram dengan persentase 100%, mayoritas penggunaan berdurasi kurang dari atau sama dengan satu jam perhari, penggunaan Instagram didorong oleh beberapa kebutuhan dengan beberapa tujuan dan alasan, salah satunya yaitu dengan adanya hiburan dan fitur yang mendukung untuk berbagi momen, selain Instagram mahasiswa menggunakan beberapa media sosial lain diantaranya Facebook, Tiktok dan Twitter.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Dwirinanti, R. A., Indah, R. N., & Nurrohmah, O. (2021). People is on Social Media: Pemanfaatan Instagram sebagai Media Promosi Perpustakaan. Tibanndaru: Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi, 5(2), 233-248.
Kusuma, D. F., & Sugandi, S. M. (2018). Strategi Pemanfaatan Instagram sebagai Media Komunikasi Pemasaran Digital yang Dilakukan oleh Dino Donuts. Jurnal Manajemen Komunikasi, 3(1), 18-33.
Ghazali, M. (2016). Buat Duit Dengan Facebook dan Instagram: Panduan Menjana Pendapatan dengan Facebook dan Instagram. Jakarta: Publishing House.
Nugeraha, A., Karim, A., & Nurliah. (2020). Analisis Fungsi Instagram Sebagai Media Penyebar Informasi Kriminal di Kota Samarinda. Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(1), 1–15.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi (Mixed Methotds) (Sutopo, Ed.). Bandung: Alfabeta.
Rizaty, M. A. (2023). Pengguna Instagram di RI Capai 106,72 Juta hingga Februari 2023. Diambil dari https://dataindonesia.id/Digital/detail/pengguna-Instagram-di-ri-capai-10672-juta-hingga-februari-2023
Widi, S. (2023). Pengguna Media Sosial di Indonesia Sebanyak 167 Juta pada 2023. Diambil dari https://dataindonesia.id/digital/detail/pengguna-media-sosial-di-indonesia-sebanyak-167-juta-pada-2023
DOI: http://dx.doi.org/10.31958/jipis.v2i2.9547
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Nuri Nuraini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam content about: library science, library scientific communication, library information and technology, archives and documentation, digital libraries, library management, knowledge management, digital and information literacy, information services in libraries
Indexed By:
Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam - distribute under Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional