Program Gerakan Literasi Sekolah di SMKN 2 Boyolangu
Abstract
This study aims to find out how the Literacy Movement Program at SMKN 2 Boyolangu works. This type of research is descriptive with a qualitative approach. Data collection was carried out by interviewing the literacy coordinator and class X and XI students who were still participating in the School Literacy Movement Program by making observations related to the School Literacy Movement Program and carrying out supporting documentation. Data analysis techniques with data reduction, data presentation and drawing conclusions. The School Literacy Movement Program at SMKN 2 Boyolangu is a collaboration with external parties Nyalanesia and Pesona Edu, Literacy Competition Invitations by AYRIS, Literacy Programs every month, Competitions in language month and Literacy Saung. Of the several programs implemented, the results have not been optimal in terms of fostering interest in reading among students and educators.
Keywords: Literacy, School Literacy Movement, SMKN 2 Boyolangu.
AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Program Gerakan Literasi di SMKN 2 Boyolangu. Jenis penelitian ini bersifat deskriptif dengan pendekatan Kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara koordinator literasi dan siswa kelas X dan XI yang masih mengikuti Program Gerakan Literasi Sekolah dengan melakukan observasi terkait Program Gerakan Literasi Sekolah dan melakukan dokumentasi sebagai pendukung. Teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Program Gerakan Literasi Sekolah di SMKN 2 Boyolangu adalah kerjasama dengan pihak eksternal Nyalanesia dan Pesona Edu, Undangan Kompetisi Literasi oleh AYRIS, Program Literasi setiap bulan, Kompetisi di bulan bahasa serta Saung Literasi. Dari beberapa program yang di terapkan tersebut, hasilnya belum maksimal dalam hal menumbuhkan minat baca dikalangan siswa maupun tenaga pendidik.
Kata kunci: Literasi, Gerakan Literasi Sekolah, SMKN 2 Boyolangu
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustin, S., Eko, B., & Cahyono, H. (2017). Gerakan literasi sekolah untuk meningkatkan budaya baca di SMA Negeri 1 Geger. 1(2), 55–62. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/linguista
Anderson, & Krathwohl. (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives.
Beers, C. S. (2010). A Principal’s Guide to Literacy Instruction (D. Ogle (ed.)). The Guilford Press.
Fanani, M. A. N. . . (2017). Faktor faktor Penghambat Gerakan Literasi di Sekolah. Jurnal Kultul Demokrasi, 05.
Febriana, A. A., & Jatmika, S. (2023). SUMIKOLAH : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Implementasi Gerakan Literasi Sekolah ( GLS ) di SMK Batik 2 Surakarta. 1, 13–20.
Kemendikbud. (2016). Pedoman Pelaksanaan Gerakan Nasional Literasi Bangsa. 1–49.
Kemendikbud, D. (2019). Desain Induk Gerakan Literasi Sekolah (Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan). https://gln.kemdikbud.go.id/glnsite/wp-content/uploads/2019/07/Desain-Induk-Gerakan-Literasi-Sekolah-2019.pdf
Khotimah, K., Akbar, dun, & Sa, C. (2018). Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/
Kritiawan, M. (2015). A Model of Educational Character in High School Al-Istiqomah Simpang Empat. Research Journal of Education, 1 no 2, 15–20.
Mardiani, N., & Wahyuni, S. (2022). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Sebagai Upaya Meningkatkan Keterampilan Membaca Dan Menulis Di SMA Negeri 3 Batusangkar. JIPIS: Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi Islam, 1(1), 8. https://doi.org/10.31958/jipis.v1i1.5946
Marmoah, S., & Poerwanti, Suharno, J. I. S. (2022). Literacy culture management of elementary school in Indonesia. Heliyon, 8(4), e09315. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2022.e09315
Pradana, B. H., Fatimah, N., Rochana, T., & Antropologi, J. S. (2017). Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah Sebagai Upaya Membentuk Habitus Literasi Siswa Di Sma Negeri 4 Magelang Info Artikel. In SOLIDARITY (Vol. 6, Issue 2). http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/solidarity
Saputra, A., Kusnadi, D., & Nanna, A. W. I. (2022). Aktivasi Gerakan Literasi Sekolah sebagai Upaya Peningkatan Kompetensi Masyarakat Perbatasan Kalimantan Utara. KREATIF, 2(3), 81–89.
Sutrianto, Rahmawan, N., Hadi, S., & Fitriono, H. (2016). Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Menengah Atas (P. Wiedarti (ed.)). Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Wandasari Kepala SMK Negeri, Y., & Abang, T. (2017). IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI SEKOLAH (GLS) SEBAGAI PEMBENTUK PENDIDIKAN BERKARAKTER (Vol. 1, Issue 1).
Wiedarti, P. (n.d.). Panduan Gerakan Litersi Sekolah di Sekolah Menengah Atas.
Wiedarti, P., & Indonesia. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah. (n.d.). Desain induk gerakan literasi sekolah.
Agustin, S., Eko, B., & Cahyono, H. (2017). Gerakan literasi sekolah untuk meningkatkan budaya baca di SMA Negeri 1 Geger. 1(2), 55–62. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/linguista
Anderson, & Krathwohl. (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives.
Beers, C. S. (2010). A Principal’s Guide to Literacy Instruction (D. Ogle (ed.)). The Guilford Press.
Fanani, M. A. N. . . (2017). Faktor faktor Penghambat Gerakan Literasi di Sekolah. Jurnal Kultul Demokrasi, 05.
Febriana, A. A., & Jatmika, S. (2023). SUMIKOLAH : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Implementasi Gerakan Literasi Sekolah ( GLS ) di SMK Batik 2 Surakarta. 1, 13–20.
Kemendikbud. (2016). Pedoman Pelaksanaan Gerakan Nasional Literasi Bangsa. 1–49.
Kemendikbud, D. (2019). Desain Induk Gerakan Literasi Sekolah (Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan). https://gln.kemdikbud.go.id/glnsite/wp-content/uploads/2019/07/Desain-Induk-Gerakan-Literasi-Sekolah-2019.pdf
Khotimah, K., Akbar, dun, & Sa, C. (2018). Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/
Kritiawan, M. (2015). A Model of Educational Character in High School Al-Istiqomah Simpang Empat. Research Journal of Education, 1 no 2, 15–20.
Mardiani, N., & Wahyuni, S. (2022). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Sebagai Upaya Meningkatkan Keterampilan Membaca Dan Menulis Di SMA Negeri 3 Batusangkar. JIPIS: Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi Islam, 1(1), 8. https://doi.org/10.31958/jipis.v1i1.5946
Marmoah, S., & Poerwanti, Suharno, J. I. S. (2022). Literacy culture management of elementary school in Indonesia. Heliyon, 8(4), e09315. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2022.e09315
Pradana, B. H., Fatimah, N., Rochana, T., & Antropologi, J. S. (2017). Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah Sebagai Upaya Membentuk Habitus Literasi Siswa Di Sma Negeri 4 Magelang Info Artikel. In SOLIDARITY (Vol. 6, Issue 2). http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/solidarity
Saputra, A., Kusnadi, D., & Nanna, A. W. I. (2022). Aktivasi Gerakan Literasi Sekolah sebagai Upaya Peningkatan Kompetensi Masyarakat Perbatasan Kalimantan Utara. KREATIF, 2(3), 81–89.
Sutrianto, Rahmawan, N., Hadi, S., & Fitriono, H. (2016). Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Menengah Atas (P. Wiedarti (ed.)). Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Wandasari Kepala SMK Negeri, Y., & Abang, T. (2017). IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI SEKOLAH (GLS) SEBAGAI PEMBENTUK PENDIDIKAN BERKARAKTER (Vol. 1, Issue 1).
Wiedarti, P. (n.d.). Panduan Gerakan Litersi Sekolah di Sekolah Menengah Atas.
Wiedarti, P., & Indonesia. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah. (n.d.). Desain induk gerakan literasi sekolah.
DOI: http://dx.doi.org/10.31958/jipis.v2i2.9622
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Moch. Fikriansyah wicaksono

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam content about: library science, library scientific communication, library information and technology, archives and documentation, digital libraries, library management, knowledge management, digital and information literacy, information services in libraries
Indexed By:

Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam - distribute under Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional