ANALISIS PERILAKU NASABAH TERHADAP PEMBIAYAAN MURABAHAH

Mira Wati

Abstract


Dasawarsa ini sistem ekonomi dan keuangan Indonesia juga global memperlihatkan fenomena baru berupa kemunculan sistem ekonomi dan keuangan Islam yang terkristalisasi dalam bentuk bank-bank dan lembaga keuangan berbasis syariah. Kemunculannya, termasuk di Indonesia, dimaksudkan sebagai pemenuhan atas kebutuhan lapisan masyarakat yang meyakini bahwa sistem operasional perbankan konvensional yang berlaku selama ini tidak sesuai dengan nilai-nilai Islam. Dalam sistem syariah antara bank dan nasabah digunakan sistem bagi hasil (profit and loss sharing)(karim, 2009,61) dan melarang adanya fixed return (penetapan keuntungan yang pasti di awal akad), sebagaimana sistem yang terdapat pada bank konvensional dengan sistem bunga yang diberlakukan pada sistem perbankan konvensional. Sedang bunga dalam aturan fiqih Islam tergolong sebagai riba seperti yang juga difatwakan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) Tahun 2004.(DSN-MUI,2006,27) Sistem bunga ini merupakan titik perbedaan mendasar antara bank syariah dan bank konvensional.

Keywords


Pembiayaan Murabahah, Perilaku, Nasabah

Full Text:

PDF

References


Abd ar-Rahman al-Jaziri, al-Fiqh ‘ala al-Mazahibh al-arba’ah Beirut: Dar al-Fikr al ‘Ilmiyyah, 1990

BI, Outlook Perbankan Syariah 2011 Jakarta, BI, 2010

Dewan Syariah Nasional -MUI, Himpunan Fatwa Dewan Syariah Nasional, Jakarta : Majelis Ulama Nasional , 2006

Gibson, Ivancenish, Donnely, Organisasi: Perilaku Struktur Proses, Terjemah dari Organizations, 5th Edition, Jakarta: Erlangga, Cet. Ke-7, 1994

Gea, Antonius Atosokhi dkk., Character Building, Relasi dengan sesama, Jakarta: PT. Elex Media Komputindo, 2002

Green,E,B, measurement of human behavior New York: P.S The Odessey Press, 1971

Hamoud, Sami Hasan, Tathwiral-A’mal al-Mushrafiyyah bima yattafiqu al-Syari’ah al-Islamiyyah Amman: Matbaatu al-Syarq wa Maktabatuha, 1982

Hasanain, Fayadh Abd al-Mun’im, Bay al-Murabahah fi al-Masyarif al-Islamiyah, Kairo: al-Ma’had al-alami li al-Fikri al-Islami, 1996

Himpunan Peraturan Perundang-Undangan, Undang-Undang Perbankan Syariah dan Surat Berharga Syariah Bandung: Fukusmedia, 2008

Ibnu Manzhur, Lisan al ‘Arab Juz III Ttp: Dar al-Ma’ârif

Indonesian Commercial Newsletter “Laporan Market Intelligence Perkembangan Sistem Bank Syariah di Indonesia” Monthly Raeport (2009) http://www.datacon.co.id/bankSyariah.html

Karim, Bank Islam: analisis fiqh dan keuangan, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2009

Kartajaya, Hermawan dan Muhammad Syakir Sula, Syariah Marketing, cet. Ke-2 Bandung: Mizan, 2006.

al-Kabir, Al-Sharh, Jilid II Riyad : Jami’ah al-Imam Muhammad bin Su’ud al-Islamiyah, Tt

Al-kassani, Ba’dai al Shana’i Beirut: Dar al-Kitab al-Araby, Cet 2, 1982

Kotler, Philip, Marketing Management : Analisis, Planning,, implementation, and control 11th Edition New Jersey: Prantice – Hall International Inc, 2003

Muliriwan, “Analisis Persepsi Masyarakat Tentang Produk Perbankan Konvensional Dan Pengaruhnya Terhadap Pencapaian Segmen Pasar Perbankan Syariah” 2010

Sabiq, Sayyid, Fiqh Al-Sunnah Beirut: Dar el – Fikr, 1992

Siddiqi, Muhammad Nejatullah, Issue In Islamic Banking The Islamic Foundation London.: tp, 1983

Mannan, Ekonomi Islam Teori dan praktek, Yogyakarta: Seri Ekonomi Islam, Dana Bakti Wakaf, Prima Yasa, 1997

Wiroso, Jual Beli Murabahah Yogyakarta, UII Press, 2005.

Zuhaili, Wahbah, Al-Fiqh al-Islami wa Adillatuh Damaskus: Dar al-Fikr, 1997




DOI: http://dx.doi.org/10.31958/imara.v2i1.1028

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Mira Wati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

INDEX BY:

       

 Lisensi Creative Commons

Journal Imara distribute under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License


View My Stats