FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN MAHASISWA UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA YOGYAKARTA DALAM PEMBELIAN HIDANGAN POKOK (PRIMARY DISH) SECARA ONLINE

Rheyza Virgiawan, Luthfiana Kariim

Abstract


The research purpose is to increase gratitude for the blessings and gifts of God by means of hifzh
nafsh (nurturing the soul) in the analysis of the influence of students’ decision to purchase online primary
dishes from Indonesian Islamic University (UII) Yogyakarta. The research was a descriptive qualitative
approach based on the philosophy of postpositivisme. The sampling used was purposive sampling. The
respondents taken were 64 students of the Indonesian Islamic University (UII) Yogyakarta. Data collection
techniques were interviews or semi-structured interviews. The results of this study are priority factors
that influence students’ decision to purchase online primary dishes at the Islamic University of Indonesia
(UII) such as halal awareness, likeness, taste, price, health, curiosity, packaging, advertising, lifestyle, and
finally being followers.


Keywords


Keputusan Pembelian, Hidangan Pokok (Primary Dish), Online.

Full Text:

PDF

References


Abu al-Sa'ud Muhammad ibn Muhammad ibn Musthafa al-Imadi. (t.thn.). Mufraddat al-Qur'an. Dalam Maktabah asy Syamilah (hal. 315).

al-Baghawi, A. M.-H. (436-510 H). Mu'alim Tanzil. Dalam Cet. IV Jilid I (hal. 180). Dar Thibah, Majma' Malik Fadh, 1417 H - 1997 M.

al-Qardhawi, Y. (1424 H-2003 M). Al-Halal wa al-Haram fi al-Islam. Dalam T. W. dkk, Halal Haram dalam Islam (hal. 31). Solo: Era Intermedia.

Amadi, W. (2007). Al Halal wa al Haram fi al Islam. Dalam Y. a. Qaradhawi, Halal Haram dalam Islam. Surakarta : Era Intermedia.

Craig G Anderson, Louise A Reid. (2018). Collaborative Decision-making in multi-buy food purchases (Pengambilan Keputusan secara Kolaboratif dalam Pembelian Makanan Multi-beli). Journal of Cleaner Produstion 216 (2019) 520-527.

Cut Novianti Rachmi, Cynthia Louise Hunter, Mu Li, Louise Alison Baur. (2018). Food Choices Made by Primary Carers (Mothers/Grandmothers) in West Java, Indonesia (Pilihan makanan dibuat oleh pengasuh utama (ibu / nenek) di Barat Jawa, Indonesia). Appetite 103 (2018) 84-92.

Dimasyqi, I. A. (t.thn.). Dalam Syarh Shahih Muslim (hal. 23).

Foster, George M,; Andreson, Barbara Gallatin Anderson. (1986). Antropologi Kesehatan. Jakarta: UI-Press.

Harahap, D. A. (2015). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen di Pajak USU (PAJUS) Medan.

Harahap, D. A. (2018). Perilaku Belanja Online di Indonesia : Studi Kasus. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI) | Vol 9, No. 2, 2018 e-ISSN: 2301-8313 http://doi.org/10.21009/JRMSI .

Hidayat, R. (2010). Cara Praktis Membangun web site gratis. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Huda, N. (2006). Konsep Perilaku Konsumsi dalam Ekonomi Islam. Jurnal Ekonomi Yarsi Volume 3 Nomor 3, Desember 06.

Irwan Abdallah, S. M. (2018, Desember 21). Universitas Islam Indonesia. Diambil kembali dari Generasi Millenial harus Produktif dan Inovatif: https://www.uii.ac.id/generasi-millenial-harus-produktif-dan-inovatif/

J. A. O'Brien & G. M. Marakas. (2010). Introduction to Information System, Fifteenth Edition. New York: McGraw-Hill/Irwin.

Jery C. Olson dan Peter J. Paul. (2014). Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Jakarta: Salemba Empat.

Katherine Absher, and Amidjaya, Mary Rose. (2008). Teaching Library Instruction to The Millenial Generation. Diambil kembali dari From Marumount University, Arlington, VA: Diakses dalam http://www.vla.org/Presentations/VLA_presentation_draft072208.ppt.

KBBI. (2019). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). [Online] Available: https://kbbi.web.id/mahasiswa, [Diakses 12 April 2019].

KNA, P. (1997). Preferensi dan Sikap Remaja di dalam Memilih Makanan Siap Santap Tradisional dan Modern (Skripsi). Bogor: Jurusan Gizi Masyarakat dan Sumberdaya Keluarga, Fakultas Pertanian, Institut Pertanian Bogor.

Kolter dan Amstrong. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Luh Alviolita Kusuma Nusarika, N. M. (2015). PENGARUH PERSEPSI HARGA, KEPERCAYAAN, DAN ORIENTASI BELANJA TERHADAP NIAT BELI SECARA ONLINE (Studi pada produk Fashion Online di Kota Denpasar). E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 4 No. 8.

Margaret, D. (2014). Kajian tentang Pola Konsumsi Makanan Utama Masyarakat Desa Gunung Sereng Kecamatan Kwanyar Kabupaten Bangkalan Madura (Skripsi). Surabaya: Fakultas Teknik Jurusan Tata Boga Universitas Negeri Surabaya.

Marlius, D. (2017). Keputusan Pembelian Berdasarkan Faktor Psikologis dan Bauran Pemasaran PT Intercom Mobilindo Padag. Jurnal Pundi, Vol. 01, No. 01, Maret 2017.

Muhammad Rawas Qal'aji dan Muhammad Sadiq Qanaybi. (1405H-1985M). Mu'jam Lughah al-Fuqaha. Dalam Cet. I (hal. 184). Bayrut: Dar al-Fikr.

Nanda Bella Fidanty Shahnaz, Wahyono. (2016). Faktor yang Mempengaruhi Minat Beli Konsumen di Toko Online. Diterima Oktober 2016 Disetujui November 2016 Dipublikasikan Desember 2016 .

Nurul Huda, H. N. (2018). FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMSI PRODUK HALAL PADA KALANGAN MAHASISWA MUSLIM. Ekuitas: Jurnal Ekonomi dan Keuangan, Volume 2, Nomor 2, Juni .

R Indrati, Gardjito. (2014). Pendidikan Konsumsi Pangan. Jakarta: Prenadamedia Gorup.

Rahma. (2018). Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Belanja Mahasiswa Sunan Pandan Aran pada Provider Telekomunikasi dalam Perspektif Konsumsi Islam.

RI, D. K. (2007). Pedoman Strategi KIE Keluarga Sadar Gizi. Direktorat Jenderal Bina Kesehatan Masyarakat: Direktorat Bina Gizi Masyarakat.

Sa'di, '. a. (t.thn.). Taysir al Karim al Rahman.

Schiffman dan Kanuk. (2008). Perilaku Konsumen. Jakarta: Indeks.

Setyahati, S. (2014). Pola Konsumsi Pangan Pokok Jagung pada Penduduk Desa Montongsekar, Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban (Skripsi). e-journal boga vol 3, no 1 .

Sugiyono, P. D. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Suharno. (2010). Dasar-dasar Kebijakan Publik. Yogyakarta: UNY Press.

Sutabri, T. (2012). Konsep Sistem Informasi. Yogyakarta: Penerbit Andi Publisher.

Tjipto, F. (2008). Strategi Pemasaran. Dalam Edisi 3 (hal. 21). Yogyakarta: Andi.

Yunita Diana Putri Dewi, Niken Purwidiani. (2015). Studi Pola Konsumsi Makanan Pokok pada Penduduk Desa Pagendingan Kecamatan Galiss Kabupaten Pamekasan Madura. e-Journal boga, vol 4 no 3.

------------------------

, Q. S. (t.thn.). Al Quranul Kariim. [Offline]: Diakses 12 April 2019.

, Q. A. (t.thn.). Al Qurannul Kariim: Diakses: 23 April 2019.

, Q. A. (t.thn.). Al Qurannul Kariim: Diakses: 23 April 2019.

Liputan 6. (2017, November 10). Diambil kembali dari 5 Fase Kemajuan Teknologi dari masa ke masa: https://www.liputan6.com/tekno/read/3157705/5-fase-kemajuan-teknologi-dari-masa-ke-masa

Besar Perguruan Tinggi Indonesia non Vokasi tahun 2018: UII tempati peringkat Universitas Swasta terbaik. (2018, Juni 25). Diambil kembali dari Universitas Islam Indonesia: https://www.uii.ac.id/100-besar-perguruan-tinggi-indonesia-non-vokasi-tahun-2018-uii-tempati-peringkat-universitas-swasta-terbaik/

Badan Pusat Statistik. (2019, Juli 10). Diambil kembali dari Proporsi Penduduk Dengan Asupan Kalori Minimum Di Bawah 1400 Kkal/Kapita/Hari Menurut Daerah Tempat Tinggal, 2015-2017: https://www.bps.go.id/dynamictable/2018/06/05%2000:00:00/1416/proporsi-penduduk-dengan-asupan-kalori-minimum-di-bawah-1400-kkal-kapita-hari-menurut-daerah-tempat-tinggal-2015-2017.html

Instagram. (2019, April 26). Diambil kembali dari uiiyogyakarta: https://www.instagram.com/p/BmnSH45gCuD/

Wikipedia. (2019, Juli 8). Diambil kembali dari Islamic University of Indonesia: https://en.wikipedia.org/wiki/Islamic_University_of_Indonesia

, Q. S. (t.thn.). Al Qurannul Kariim: Diakses: 7 Juli 2019.




DOI: http://dx.doi.org/10.31958/imara.v3i2.1660

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Rheyza Virgiawan, Luthfiana Kariim

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

INDEX BY:

       

 Lisensi Creative Commons

Journal Imara distribute under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License


View My Stats