Pendidikan Baca dan Tulis Al-Qur’an Sejak Usia Dini Menjadi Wadah Tanamkan Rasa Religiusitas Pada Masyarakat Desa Sukomulyo Kecamatan Pujon Kabupten Malang

Muhammad Hasbi Asshidiqi, Sandy Maulana, M.Ilham Ramadhani Apm, Sandy Nur Widyaningsih

Abstract


Tokoh masyarakat yang agamis di desa Sukomulyo sangat berpengaruh bagi berjalanya aktivitas keberagamaan tepatnya di daerah dusun mbakir yang letaknya berada di dataran tertinggi di desa Sukomulyo. Pengaruh tersebut dapat terjadi karena adanya kepercayaan masyarakat kepada tokoh masyarakat agamis yang dianggap berpengaruh mayoritas pernah menimba ilmu agama  dari berbagai macam pondok pesantren yang besar di Indonesia dengan jaminan sudah digembleng secara matang tentang ilmu agama di berbagai macam pondok pesantren tersebut.

Lembaga Pendidikan Islam juga banyak berpengaruh dalam berkembagnya ilmu pengetahuan agama Islam bagi para masyarakat sekitar desa Sukomulyo sejak usia dini, karena Lembaga Pendidikan Islam merupakan wadah pertama bagi masyarakat yang masih awam dengan ilmu pengetahuan agama Islam yang merupakan bekal utama untuk menjalankan sepiritual kepada Sang Khalik. Adanya belasan jumlah TPQ (Taman Pendidikan Al-Qur’an) yang berlokasikan di surau-surau atau di rumah warga yang juga merupakan tokoh masayrakat yang berpengaruh di desa menjadi cikal bakal dari wujud nyata wadah yang menjadi tempat menimba ilu agama Islam.

Metode diklat, talaqqi dan tibyan dengan startegi pembelajaran yang dirancang oleh lembaga pengelola TPQ ini cukup efektif dan dikatakan berhasil, karena dengan sistem pembelajaran tersebut mengikuti dunia anak-anak usia dini yang dunia mereka adalah dunia bermain

 


Keywords


Religiosity, Islamic Education Institutions, Community leaders

Full Text:

PDF

References


Ahmad, M. A. (2008). Metodologi Pengajaran Agama Islam. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Basuki. (2011). Cara Mudah Menyusun Proposal Penelitian Dengan Menggunakan Pendekatan Kualitataif (Kl). Yogyakarta: Pustaka Felica.

Daulay, H. P. (2004). Pendidikan islam dalam sistem Pendidikan Nasional di Indonesia. Jakarta: Fajar Interpratama Offset.

Hamalik, O. (2002). Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Al Gensindo.

Jalaluddin. (2008). Psikologi Agama. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Mansyur. (2005). Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Nizar, S. (2002). Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Press.

Nur Amalia, d. (2018). Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an Dengan Metode Talaqqi (Studi Kasus Di Madrasah Ibtidaiyah Asih Putera Kota Cimahi). Jurnal Pengabdian Masyarakat.

Prasowo, A. (2014, Yogyakarta). Metode Penelitian Kualitatif Dalam Prespektif Rancangan Penelitian. Ar-Ruzz Media.

Prastowo, A. (2014). Metode Penelitian Kulitatif Dalam Prespektif Rancangan Penelitian. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Siti Sulaikho, R. D. (2020, Desember). Pelatihan Membaca Al-Qur’an yang Baik dan Benar Melalui Metode At-Tartil bagi Orang Tua Santri TPQ Desa Brodot Jombang. JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT BIDANG KEAGAMAAN, 7, 1-7.

Sustiati, A. (2022). Efektivitas Metode Talaqqi dalam Pembelajaran Tahfiz Tahsin Qur'an (T2Q) Dan PAI Muatan Al-Qur’an Di SDIT Darul Fikri Bengkulu Utara. GUAU Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 2, 115.




DOI: http://dx.doi.org/10.31958/marawa.v3i1.8628

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Muhammad Hasbi Asshidiqi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Masyarakat Religius dan Berwawasan

Indexed by:

                       

               

 

Publisher:

LP2M UIN Mahmud Yunus Batusangkar

Address:

Jl. Jenderal Sudirman No.137, Limo Kaum, Lima Kaum, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat 27217