Pengaruh Bimbingan Klasikal Terhadap Sikap Empati Siswa di SMPN 1 Pariangan

Rahmad Hidayat, Edwil Yelfino

Abstract


Masalah pokok pada penelitian ini adalah, rendahnya sikap empati siswa kelas VIII. SMP N 1 Pariangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat seberapa besar pengaruh bimbingan klasikal terhadap sikap empati siswa di SMP N 1 Pariangan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperiment. Jenis desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-eksperimental design dengan tipe one group pretest-posttest design yaitu dengan mengukur sikap empati siswa kelompok eksperimen dengan menggunakan instrument yang sama pada pengukuran pretest dan posttest design. Instrument yang digunakan adalah instrument skala sikap empati model likkert. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII.1-VIII.3 sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII.1 dengan jumlah 28 orang siswa yang mempunyai sikap empati rendah dan sangat rendah diperoleh melalui teknik Cluster Sampling Random. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu terdapat pengaruh signifikan antara bimbingan klasikal terhadap sikap empati siswa dengan nilai thit = (11,97) > (tt = 1,31) pada taraf signifikan 5%.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________