PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN PBL DAN PJBL TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS MAHASISWA PADA MATA KULIAH STATISTIK
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesia)References
Ansari, B. I. (2009). Komunikasi Matematik Konsep dan Aplikasi. Banda Aceh: Pena.
Ardianti, Sekar Dwi., Ika Ari Pratiwi, M. K. (2017). Implementasi Problem Based Learning (PBL) Berpendekatan Science Edutainment Terhadap Kreativitas Peserta Didik. Jurnal Refleksi Edukatika, 7(2).
Asnawati, S. (2013). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP dengan Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams-Gamestournaments. Jurnal Euclid, 3(2), 474–603.
Fitriyani, H. dan U. khasanah. (2015). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Mahasiswa Calon Guru Melalui Pembelajaran Investigasi. In The Progressive and Fun Education Seminar.
Lisa, S. dan R. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran PjBL Terhadap Kemampuan Proses sains Siswa Kelas V SD di Gugus IV Diponegoro Kec. Mendoyo. Singaraja, 2(2).
Mahendra, W. E. (2017). PjBL Bermuatan Etnomatematika dalam Pembelajar Matematika. Jurnal Pendidikan Indonesia, 6(1).
Munir, S. (2019). Turning Classroom Project into Textbook Design in English for Specific Purposes Subject. Dinamika Ilmu, 19(1), 1–11.
Nasution, L. M. (2017). Statistik Deskriptif. Jurnal Hikmah, 4(1).
Nurfitriyanti, M. (2016). Model Pembelajaran PjBL Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Formatif, 6(2), 149–160.
Purwandari, N. (2015). Upaya Meningkatkan Keterampilan Proses dan Hasil Belajar IPA Melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek pada Siswa Kelas IV SDN 2 Srandakan. Universitas Negeri Yogyakarata.
Riyanto, S. dan F. N. (2018). Pengembangan Pembelajaran Statistika Berbasis Praktikum Aplikasi Software SPSS dengan Bantuan Multimedia untuk Mempermudah Pemahaman Mahasiswa terhadap Ilmu Statistika. Journal of Computer and Information Technology, 1(2), 62–67.
Rusman. (2013). Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru (Kedua). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Santoso, Bagus., W. dan K. C. S. (2016). Penerapan Model PBL Dalam Peningkatan Pembelajaran Matematika Tentang Soal Cerita Pecahan Pada Siswa Kelas V SD N 1 Kedungwinangun Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Kalam Cendekia, 4(6.1), 713–718.
Sudjana. (2016). Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.
Sundayana. (2014). Statistik Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Supandi, Dani Nur Rosvitasari, dan W. K. (2017). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Tertulis Matematis Melalui Strategi Think-Talk-Write. Jurnal Kependidikan, 1(2), 227–239.
Turmudi. (2009). Taktik dan Strategi Pembelajaran Matematika Referensi Untuk guru SMA/MA, Mahasiswa, dan Umum. Jakarta Pusat: PT Leuser Cita Pustaka.
Winarto, M. &. (2018). Perbedaan Penerapan Model PjBL dan PBL Ditinjau dari Pencapaian Keterampilan Proses Siswa. Jurnal Pancasakti Science Education Journal, 3(1), 25–33.
Zamzam, K. F. (2016). Pendekatan PBL untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Jurnal Pedagogia, 5(2).
DOI: http://dx.doi.org/10.31958/jt.v22i2.1578
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Ahmad Nizar Rangkuti; Fitriani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
TA'DIB with registered number e-ISSN: 2580-2771, p-ISSN: 1410-8208 have been indexed on:
Journal Ta'dib distribute under Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.
Contact us: Ta'dib; Address: FTIK, Universitas Islam Negeri Mahmud Yunus Batusangkar; Jl. Sudirman No. 137 Lima Kaum Batusangkar, Tanah Datar, Sumatera Barat, Indonesia. Email: [email protected]