Eksistensi Organisasi Santri dalam Meningkatkan Karakter Disiplin di Dayah Darul Ihsan Aceh Besar
Abstract
Karakter disiplin merupakan kumpulan tata nilai yang menuju pada suatu sistem yang melandasi pemikiran, sikap, dan perilaku yang ditampilkan. Karakter juga merupakan ciri khas yang dimiliki oleh suatu benda maupun individu. Disiplin merupakan kepatuhan terhadap peraturan atau tunduk pada pengawasan danpengendalian. Tujuan penelitian ini agar mengetahui cara organisasi santri dalam meningkatkan karakter disiplin santri Dayah Darul Ihsan dan mengetahui eksistensi organisasi santri terhadap karakter disiplin santri Dayah Darul Ihsan. Metodologi penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi dan teknik analisis data menggunakan analisis data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi/penarikan kesimpulan. Hasil penelitian OSDI berhasil meningkatkan karakter disiplin santri, sehingga memastikan peraturan dijalankan dengan efektif dan mengajarkan nilai-nilai kedisiplinan serta tanggung jawab kepada santri. OSDI memegang peran sentral dalam membantu guru dan pengurus dalam mengawasi dan mengarahkan santri, termasuk dalam bagian keamanan, kebersihan, pengajaran (pengasuhan). OSDI melibatkan anggotanya dalam mengajarkan bahasa Arab dan Inggris, mengadakan kegiatan mingguaan dan bulananan, serta memberikan nasihat dan mottivasi. Mereka juga mengawasi kepatuhan santri terhadap aturan Dayah, memberikan hukuman untuk yang melanggar, dan memastikan pelaksanaan kegiatn kebersihan secara terstruktur.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdul Halim Rofi’ie, Pendidikan Karakter Adalah Sebuah Keharusan. Waskita, Vol. 1, No. 1, hal. 116, 2017
Ali Ridwan Nurma. (2020) Manajemen Pondok Pesantren Yogyakarta: Lontar Mediatama.
Embong Martina. (2021). Upaya Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Kelas Viii Pada Smp Negeri 1 Suppa Melalui Layanan Bimbingan Sosial” Jurnal Kependidikan Media Volume 10(2), 104
Heri Gunawan. (2012). Pendidikan Karakter Konsep Dan Implemenrasi, Bandung: Alfabeta.
Heni Safitri, “Strategi Pengembagan Soft Skill Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam SMKN 1 Pekalongan Lampung Timur,”2017, hlm.39.
Kompri. (2018). Manajemen dan Kepemimpinan Pondok Pesantren Jakarta: Prenada Media Group.
Manshur, Ahmad Strategi Pengembangan Kedisiplinan Siswa, Al Ulya : Jurnal Pendidikan Islam, Volume 4 Nomor 1, Edisi Januari-Juni 2019, Hlm 17.
Miles, B. Mathew dan Michael Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif Buku Sumber Tentang Metode-metode Baru. Jakarta: UIP.
Sutrisno Hadi, Metode Research, (Yogyakarta: Andi Offset, 1991), hlm. 193
Sugiyono (2015).MetodePenelitianKombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta, hlm. 329.
Zainudin Dkk, Seluk-Beluk Pendidikan Al-Ghozali,(Jakarta: Bumi Aksara,1991), h.8
DOI: http://dx.doi.org/10.31958/atjpi.v5i2.12740
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Ikhsanul Amal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
At-tarbiyah Al-mustamirrah: Jurnal Pendidikan Islam Indexed By:
at-Tarbiyah al-Mustamirrah: Jurnal Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.