Punishment dalam Konsep Pendidikan Islam (Analisis Hadis-Hadis Tarbawi)
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengkaji konsep punishment dalam perspektif hadis tarbawi, khususnya metode penerapan sanksi oleh Rasulullah SAW untuk mendidik sahabat. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan kajian pustaka, data primer berupa hadis-hadis tarbawi dan data sekunder dari literatur terkait diolah menggunakan model Miles dan Huberman melalui tahap reduksi, penyajian naratif, dan penarikan kesimpulan. Hasil analisis menunjukkan bahwa Rasulullah SAW menerapkan punishment dengan prinsip kasih sayang dan keadilan, menyesuaikan tingkat sanksi dengan kesalahan yang dilakukan, serta bertujuan mendidik dan membentuk kesadaran moral. Dampak penelitian ini bagi pendidikan modern adalah sebagai inspirasi bagi pendidik dalam menegakkan disiplin yang tetap mengedepankan nilai-nilai pedagogis, sehingga dapat menciptakan individu berakhlak mulia dan disiplin tanpa melanggar prinsip-prinsip kemanusiaan.
Kata Kunci: hadis-hadis tarbawi, pendidikan Islam, punishment
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abu Dawud. (1992). Sunan Abu Dawud (Jil. 1/133, No. 495.). Al-Maktabah Al-‘Ashriyyah.
Adz-Dzahabi, S. (1995). Tahdzîbul Kamal (jil. 25/618). Muassasah Ar-Risalah.
Al-Bukhari, A. A. I. B. I. al-J. (1941). Tarikh al Kabir (Jil. 2/339, No. 2673). Ad-Dukan, Dairah al-Ma’arif.
Al-Fauzan, F. bin F. (2004). I’ânatul Mustafid bi Syarh Kitab Tauhid. Muassasah ar-Risalah.
Amrullah, W. (2023). Kajian Pendidikan Islam, Reward dan Punishment Dalam Perspektif Hadits. Al-Urwatul Wutsqa : Kajian Pendidikan Islam, 3(2), 100–114.
An-Nawawi, M. bin Y. bin Z. (1985). Al-Adzkâr. Dar al-Fikar.
Asmul, A. (2023). Upaya Guru dalam Menginternalisasikan Akhlak terhadap Santri Pondok Pesantren Roihanul Jannah Desa Maga Mandailing Natal. At-Tarbiyah al-Mustamirrah: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 51. https://doi.org/10.31958/atjpi.v4i1.7887
Busrah, N. (2017, August 13). Perintahkan Siswa Shalat, Guru PAI Divonis 3 Bulan Penjara. Sulsel.Kemenag.Go.Id. https://sulsel.kemenag.go.id/daerah/perintahkan-siswa-shalat-guru-pai-divonis-3-bulan-penjara-qtk1i
Fuad, F., Istiqomah, I., & Achmad, S. (2020). Dialektika Perlindungan Hukum Bagi Guru Dalam Mendisiplinkan Siswa di Sekolah. Indonesian Journal of Law and Policy Studies, 1(1), 55. https://doi.org/10.31000/ijlp.v1i1.2634
Gustina, S., & Assifa, F. (2023, November 24). Perjalanan Kasus Guru Akbar Dihukum Percobaan karena Disiplinkan Siswa. Kompas.Com. https://regional.kompas.com/read/2023/11/24/161706778/perjalanan-kasus-guru-akbar-dihukum-percobaan-karena-disiplinkan-siswa?page=all
Ibnu Qudamah. (1968). Al-Mughni (Jil. 1/357.). Maktabah Al-Qahirah.
Ibnu Sunni. (1990). Amalul yaumi wal lailah Sulûk an-Nabiy ma’a Rabbihi wa ma’âsyiratihi ma’a al-‘ibâd. Dar al-Qiblah.
Konributor Kicknews. (2023, November 7). Tegur siswa merokok di kelas, guru ini malah dianiaya. KicknewsToday. https://kicknews.today/tegur-siswa-merokok-di-kelas-guru-ini-malah-dianiaya/
Musta’in Romli, H. K. (2023). Pemberian Hukuman Di Dunia Pendidikan Perspektif Islam (Didikan Vis-A-Vis Hak Asasi Manusia). Journal of Islamic Education, 9(2), 73–86.
Nata, A. (2003). Manajemen Pendidikan Punishment. Rosdakarya.
Nursyamsi, N. (2021). Konsep Reward dan Punishment Dalam Pendidikan Islam. Mauizhah: Jurnal Kajian Keislaman, 11(2), 1–26.
Rosyid, A., & Wahyuni, S. (2021). Metode reward and punishment sebagai basis peningkatan kedisiplinan siswa Madrasah Diniyyah. Intelektual: Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman, 11(2), 137–157.
Saefullah, A. S. (2024). Ragam Penelitian Kualitatif Berbasis Kepustakaan Pada Studi Agama dan Keberagamaan dalam Islam. Al-Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 2(4), 195–211.
Salsabila, P., Daulay, Z. Z., & Zairina, N. (2023). Peran Reward And Punishment Dalam Meningkatkan Minat Belajar Anak. Smart Kids: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 5(1), 26–34.
Samidah, I., & Kp, S. (2021). Pedoman Penulisan Karya Ilmiah-Rajawali Pers. PT. RajaGrafindo Persada.
Sisdiknas, U. (2003). Undang Undang Sisdiknas. Demographic Research, 49(0), 1-33 : 29.
Sopiah, E. (2024). Strategi Pendekatan Penal Dan Non Penal Dalam Upaya Perlindungan Guru Di Sekolah. Aliansi: Jurnal Hukum, Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 1(2), 13–22.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (22nd ed.). Alafabeta.
Thaib, J. (2023). Educational Culture Of Reward And Punishment In Delivering Education At Modern Dayah Of Aceh Besar District. International Journal of Education, Vocational and Social Science, 2(02), 19–29.
Woolfolk, A. (2009). Educational Psychology Aktive Learning Edition, Terj: Helly Prajitno S. & Sri Mulyantini S. Pustaka Pelajar.
DOI: http://dx.doi.org/10.31958/atjpi.v5i2.13469
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Fajar Shiddiq, AGUS SUSILO SAEFULLAH
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
At-tarbiyah Al-mustamirrah: Jurnal Pendidikan Islam Indexed By:
at-Tarbiyah al-Mustamirrah: Jurnal Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.