Pelaksanaan Pembelajaran Alqur’an di Lembaga Pendidikan Qur’an Masjid Nurul Iman
Abstract
Permasalahan yang dilihat dalam penelitian ini adalah bahwa LPQ Nurul Iman memiliki kelebihan atau keistimewaan dibanding dengan LPQ yang lain di Kecamatan Lima Kaum dimana LPQ Nurul Iman berhasil melahirkan santri dan qori yang mahir dalam mempelajari Al Quran serta menjadi juara di setiap perlombaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan bagaimana pelaksanaan pembelajaran Al Quran di Lembaga Pendidikan Quran Mesjid Nurul Iman Simpang Kiambang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field Research) yang bersifat deskriptif kualitatif. Penelitian yang dilakukan ini mendapatkan hasil bahwa: 1) Persiapan pembelajaran yang dilakukan oleh guru di Lembaga Pendidikan Quran Mesjid Nurul Iman Simpang Kiambang yaitu persiapan yang tidak tertulis, guru mempersiapkan dalam bentuk pemahaman saja, 2) Pelaksanaan pembelajaran Al Quran guru menggunakan dua cara dalam menyampaikan materi pembelajaran, Pertama, guru menjelaskan materi pembelajaran secara bersama- sama. Kedua, guru menjelaskan materi secara khusus yaitu langsung mengajari santri dengan berhadapan langsung satu persatu dengan guru. Metode yang digunakan adalah metode iqra, tartil, tilawati dan metode tajwid. Strategi pembelajaran Al Quran di LPQ ini yang digunakan yaitu strategi coopertive learning, ekpositori, dan inquiri. 3) Evaluasi pembelajaran Al Quran yang dilakukan oleh guru di Lembaga Pendidikan Quran yaitu: tes lisan, tes ini digunakan untuk mengetahui kemampuan santrimembacaAl Quran.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akmansyah, Hamid, A., & Muhammad. (2018). Manajemen Pembelajaran Tanfîzh Alqur’an Pada Pondok Pesantren Di Provinsi Lampung. Ijtimaiyya: Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam, 11(1), 1–18. https://doi.org/10.24042/ijpmi.v11i1.3413
Efendi, M. A., Entang, M., Hidayat, R., & Wulandari, D. (2020). Manajemen Pembelajaran Seni Baca Alquran Di Pondok Pesantren Alquran Al-Itqon Bogor. Jurnal Manajemen Pendidikan, 8(1). https://doi.org/10.33751/jmp.v8i1.1961
Hamdani, M. (2018). Penerapan Metode Membaca Alquran Pada Tpa Di Kecamatan Amuntai Utara (Studi pada metode Iqra dan metode Tilawati). Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan. https://doi.org/10.35931/aq.v0i0.12
Mahdi, M. (2021). Implementasi TQM Berbasis Metode Qiraati di TPQ Daarul Jannah Desa Kaligawe Wetan Kecamatan Susukanlebak Kabupaten Cirebon. Hadlonah : Jurnal Pendidikan Dan Pengasuhan Anak Usia Dini, 2(1), 23–32.
Octariani, D., & Rambe, I. H. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Project Based Learning Berbantuan Software Geogebra. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 4(1), 16–21. https://doi.org/10.30743/mes.v4i1.864
Prayoga, A., Noorfaizah, R., Suryana, Y., & Sulhan, M. (2019). Manajemen Pembelajaran Tahfidzul Quran Berbasis Metode Yaddain Di Mi Plus Darul Hufadz Sumedang. Nidhomul Haq : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 140-156. https://doi.org/https://doi.org/10.31538/ndh.v4i2.326
Saebani, A. I. I. S. (2020). Kemampuan Santri dalam Membaca Al-Qur’an Ditinjau Dari Profesioanlisme Guru (Qori’) (Analisis Metode Qiraati di API ASRI Tegalrejo Magelang). Wahana Islamika: Jurnal Studi Keislaman, 6(1). https://doi.org/https://doi.org/10.5281/wahanaislamika.v6i1.92
Safaat, S. (2018). Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru dan Penerapan Metode Qiraati terhadap Kemampuan Baca Al-Qur’an. Jurnal Inovasi Pendidikan Mohammad Husni Thamrin, 2(1). https://doi.org/https://doi.org/10.37012/jipmht.v2i1.33
Zafi, A. A., & Partono, P. (2020). Desain Pembelajaran sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran al-Quran Hadis. Matan : Journal of Islam and Muslim Society, 2(1), 16. https://doi.org/10.20884/1.matan.2020.2.1.2292
DOI: http://dx.doi.org/10.31958/atjpi.v2i1.2880
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Silvia Susrizal, Rike Paslawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
At-tarbiyah Al-mustamirrah: Jurnal Pendidikan Islam Indexed By:
at-Tarbiyah al-Mustamirrah: Jurnal Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.