Efektivitas Kelompok Kerja Guru Dalam Peningkatan Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam (GPAI) Sekolah Dasar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan kronstribusi Kelompok Kerja Guru (KKG) PAI SD di Kecamatan Lika Kaum Batusangkar. Penelitian bersifat diskriptif kualitatif, informan penelitian ini adalah peserta yang aktif dalam mengikuti program kegiatan KKG yang berjumlah 15 orang minimal kehadirannya 75 % dari total kehadiran keseluruhan. Sementara sebagai data sekundernya adalah kepala sekolah dari peserta yang aktif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dengan informan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa KKG PAI SD Lima Kaum Batusangkar memberikan konstribusi positif dalam meningkatkan profesionalisme guru PAI. Konstribusi positif kelembagaan KKG dalam meningkatkan profesionalisme guru PAI karena ada factor penentu keberhasilan tersebut yakni semangat dan motivasi, aktifitas dan kedisiplinan kehadiran mengikuti program dan pengembangan diri. Efektifitas pelaksanaan program KKG dalam meningkatkan profesionalisme guru dilakukan dengan cara kegiatan tersebut berorientasi kepada latihan mengajar, kelengkapan sarana dan prasarana serta adanya pengawasan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Busthomi, Y. (2020). Sepuluh Faktor agar Menjadi Guru yang Dicintai oleh Siswanya. Dirasah : Jurnal Studi Ilmu Dan Manajemen Pendidikan Islam, 3(1).
https://doi.org/https://doi.org/10.29062/dirasah.v3i1.75
Cayeni, W., Harapan, E., & Puspita, Y. (2020). Implementasi Kebijakan Kegiatan Kelompok Kerja Guru Pendidikan Agama Islam di Kecamatan Banyuasin I. Jurnal Intelektualita: Keislaman, Sosial Dan Sains, 9(1), 29–138. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/intelektualita.v9i1.5584
Fauzan, H., & Hikmah, A. N. (2018). Pengaruh Disiplin Kerja Dan Kompetensi Terhadap Kinerja Pegawai (Studi kasus Pada Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan). Jurnal Ekonomi Bisnis Indonesia, 3(1), 1–9.
Husna, F. (2016). Peran Musyawarah Guru Mata Pelajaran (Mgmp) Untuk Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru PAI: Studi Kasus MGMP PAI SMP Negeri Kabupaten Kediri. Didaktika Religia, 4(2), 205–224. https://doi.org/10.30762/didaktika.v4.i2.p205-224.2016
Idzhar, A. (2016). Peranan Guru Dalam Meningkatka Motivasi Siswa. Jurnal Office, 2(2). https://doi.org/https://doi.org/10.26858/jo.v2i2.2956
La Hewi, M. S. (2020). Refleksi Hasil PISA (The Programme For International Student Assesment): Upaya Perbaikan Bertumpu Pada Pendidikan Anak Usia Dini). Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 4(1).
Lubis, S. (2017). Peningkatan Profesionalisme Guru PAI Melalui Kelompok Kerja Guru (KKG). Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 2(2), 189–205.
https://doi.org/10.25299/althariqah.2017.vol2(2).1045
Meriza, I. (2018). Pengawasan (Controling) Dalam Institusi Pendidikan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 10(1), 37–46. http://ejournal.staindirundeng.ac.id/index.php/tadib/article/download/113/75/
Muchith, M. S. (2016). Guru PAI Yang Profesional. Quality, 4(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21043/quality.v4i2.2121
Muharom, F. (2017). Partisipasi Kelompok Kerja Guru Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar (KKG PAI SD) Kabupaten Boyolali dalam Meningkatkan Kompetensi Guru PAI SD. Nadwa, 10(2), 139. https://doi.org/10.21580/nw.2016.10.2.1283
Nasir, M. (2013). Profesionalisme Guru Agama Islam: Sebuah Upaya Peningkatan Mutu melalui LPTK. DINAMIKA ILMU, 13(2). https://doi.org/10.21093/di.v13i2.25
Rahayu, D., Hawi, A., Mardeli, M., & Sofyan, S. (2020). Korelasi Antara Pengalaman Mengajar Dengan Kompetensi Profesional Guru PAI Di Madrasah Aliyah Negeri 3 Palembang. Jurnal PAI Raden Fatah, 2(2), 183–201. https://doi.org/10.19109/pairf.v2i2.3734
Salimah. (2017). Evaluasi kegiatan kelompok kerja guru (kkg) pai di kecamatan pagar jati kabupaten bengkulu tengah. Al-Bahtsu, 2(1).
Suherman, Hermansyah, A., & Jaelani, D. A. (2021). Peningkatan Kompetensi Profesional Guru Pai Melalui Kelompok Kerja Guru (KKG). Jurnal ‘Ulumuddin, 3(1), 1–30.
Syarnubi, S. (2019). Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Religiusitas Siswa Kelas IV Di SDN 2 Pengarayan. Tadrib: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(1), 87–103. https://doi.org/10.19109/tadrib.v5i1.3230
Yunus, M. (2016). Profesionalisme Guru Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 19(1), 112–128. https://doi.org/10.24252/lp.2016v19n1a10
DOI: http://dx.doi.org/10.31958/atjpi.v2i1.3321
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Asnelly Ilyas, Zulmardi Zulmardi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
At-tarbiyah Al-mustamirrah: Jurnal Pendidikan Islam Indexed By:
at-Tarbiyah al-Mustamirrah: Jurnal Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.