Rahmah El- Yunusiyyah (Inspirator Pendidikan Bagi Kaum Hawa)
Abstract
Rahmah el-Yunusiyah adalah seorang tokoh pembaharuan pendidikan bagi kaum perempuan yang telah mendirikan sekolah khusus bagi perempuan mulai dari jenjang pendidikan dasar sampai perguruan tinggi di kota Padang Panjang Sumatera Barat. Sekolah ini didirikan karena beliau sangat menyadari betapa besar peran perempuan yaitu sebagai tiang Negara yang memiliki andil besar dalam menentukan masa depan sebuah bangsa. Hal ini disebabkan perempuan akan menjadi seorang ibu yang merupakan madrasah al uula bagi anak-anaknya kelak. Maka kontribusinya dalam memperjuangkan dan mewujudkan pendidikan bagi perempuan tidak ternantahkan lagi. Hal ini terbukti dengan gelar Syaikhah yang beliau terima dari Universitas al-Azhar Cairo. Keberhasilan Rahmah dalam mengelola Perguruan Diniyyah Puteri ini menarik perhatian Rektor Universitas Al-Azhar Cairo, Mesir, yang 1955 mengadakan kunjungan khusus ke perguruan ini. Ia mengadopsi sistem pendidikan Diniyyah Puteri ini untuk diterapkan di Universitas Al-Azhar, yang saat itu, belum memiliki lembaga pendidikan khusus untuk perempuan. Tidak lama setelah itu berdirilah Kulliyat al-Banat, sebagai bagian dari Universitas al-Azhar Cairo
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, N. (2017). Rahmah El Yunusiyyah Kartini Padang Panjang (1900-1969). Jurnal Sosiologi Agama, 10(2), 51–82.
Al-Rasyidin, S. N. (n.d.). , Filsafat Pendidikan Islam (Pendekatan Historis, Teoritis dan Pragmatis) (p. 113). Ciputat Perss.
Dahlan, A., & El Yunusiah, R. (2019). Beberapa Pemikiran tentang Pendidikan. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan, 132.
Daulay, H. H. P. (2018). Sejarah Pertumbuhan & Pembaruan Pendidikan Islam di Indonesia. Kencana.
Furoidah, A. (2019). Tokoh Pendidikan Islam Perempuan Rahmah El-Yunusiah. FALASIFA: Jurnal Studi Keislaman, 10(2), 20–28.
Idris, S. (2015). Pembaruan Pendidikan Islam Di Indonesia. Kreatif: Jurnal Studi Pemikiran Pendidikan Agama Islam, 13(2), 148–165.
Isnaini, R. L. (2016). Ulama Perempuan dan Dedikasinya dalam Pendidikan Islam (Telaah Pemikiran Rahmah El-Yunusiyah). Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(1), 2–16.
Jaya, F. (2017). Pesantren dan madrasah dalam sistem pendidikan Indonesia: Analisa arah perkembangan. Tazkiya, 6(2), 1–26.
Khatibah, K. (2011). Penelitian kepustakaan. Iqra’: Jurnal Perpustakaan Dan Informasi, 5(01), 36–39.
Khotimussalam, M. (2019). The Dutch Islamic Policies: Peran Politik Cristian Snouck Hurgronje Di Wilayah Hindia-Belanda. Jurnal Tamaddun: Jurnal Sejarah Dan Kebudayaan Islam, 7(1).
Mugiyono, M. (2013). Perkembangan Pemikiran Dan Peradaban Islam Dalam Perspektif Sejarah. Jurnal Ilmu Agama: Mengkaji Doktrin, Pemikiran, Dan Fenomena Agama, 14(1), 1–20.
Muttaqin, F. (2015). Early Feminist Consciousness and Idea Among Muslim Women in 1920s Indonesia. Jurnal Ilmiah Peuradeun, 3(1), 19–38.
Nata, A. (2005). Tokoh-Tokoh Pembaruan Pendidikan Islam di Indonesia. PT. Raja Grafindo Persada.
Nizah, N. (2016). Dinamika Madrasah Diniyah: Suatu Tinjauan Historis. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 11(1).
Peringatan 55 Tahun Diniyyah Puteri Padang Panjang (pp. 177–180). (1978). Ghalia Indonesia.
Quthb, M. (2004). Manhaj at-Tarbiyah al-Islamiyyah (p. 412). Dar Shurouk.
Rahmah el-Yunusiyyah, Jilid 4 NAH-SYA, hlm. (n.d.). Ensiklopedi Islam, Jilid 4 NA, 15.
Rahman, R. (2015). Modernisasi Pendidikan Islam Awal Abad 20 (Studi Kasus di Sumatera Barat). Humanus, 14(2), 174–182.
Rahmawati, R. (2016). Perkembangan Pemikiran Dan Peradaban Islam. Rihlah: Jurnal Sejarah Dan Kebudayaan, 4(2), 108–122.
Ramayulis, S. N. (2005). Ensiklopedia Tokoh Pendidikan Islam. PT. Quantum Teaching.
Riwayat Hidup dan Perjuangan 20 Ulama Besar Sumatera Barat. (1981). Islamic Centre Sumatera Barat, 209–210.
Rodin, R., & Huda, M. (2020). The Rahmah El-Yunusiyah’s Dedication in Islamic Education for Women in Indonesia. International Journal on Advanced Science, Education, and Religion, 3(3), 96–106.
Rofi, S. (2016). Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia. Deepublish.
Suriani, K. L. M., Anwar, S., Afdayeni, M., & Wati, S. (2019). Islamic Education and Colonial Education: Islamic School and Dutch School in Westkust Sumatra in Historical Perspective. BICED 2019: Proceedings of the 1st EAI Bukittinggi International Conference on Education, BICED 2019, 17-18 October, 2019, Bukititinggi, West Sumatera, Indonesia, 150.
Syahr, Z. H. A. (2016). Membentuk Madrasah Diniyah Sebagai Alternatif Lembaga Pendidikan Elite Muslim Bagi Masyarakat. Modeling: Jurnal Program Studi PGMI, 3(1), 47–65.
Syarif, M. S. M. (2019). Politik Etis Pemerintah Kolonial Hindia Belanda dan Pengaruhnya terhadap Pesantren. INOVATIF: Jurnal Penelitian Pendidikan, Agama Dan Kebudayaan, 5(1), 109–131.
Takunas, R. (2018). Dinamika pendidikan perempuan dalam sejarah Islam. Musawa: Journal for Gender Studies, 10(1), 23–44.
Ulandari, P. (2017). Perempuan di Sektor Publik dalam Perspektif Islam (Pandangan Progresif Rahmah El-Yunusiyah dalam Kepemimpinan sebagai Ulama dan Pelopor Pendidikan Muslimah Indonesia). AGENDA: Jurnal Analisis Gender Dan Agama, 1(1).
Wahyuni, D. (2017). Kebijakan Kepemimpinan Perempuan dalam Pendidikan Islam: Refleksi Atas Kepemimpinan Rky Rahmah El Yunisiyah. Islam Realitas: Journal of Islamic and Social Studies, 3(1), 39–49.
Zed, M. (2004). Metode peneletian kepustakaan. Yayasan Obor Indonesia.
Zuraya, N. (n.d.). Membangun Kemandirian Perempuan. Republika.
DOI: http://dx.doi.org/10.31958/atjpi.v2i1.3338
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Salmi Wati, Eliwatis Eliwatis
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
At-tarbiyah Al-mustamirrah: Jurnal Pendidikan Islam Indexed By:
at-Tarbiyah al-Mustamirrah: Jurnal Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.