Kendala yang Dihadapi Siswa dalam Pembelajaran Berbasis E- Learning di Masa Pandemi
Abstract
Pandemi covid-19 menyebabkan terganggunya proses pembelajaran secara konvensional, dalam hal ini pembelajaran secara daring menjadi salah satu alternatif untuk mengatasi masalah tersebut. Pembelajaran daring memungkinkan tersampaikannya bahan ajar kepada siswa melalui media internet tanpa harus bertemu secara langsung. Tujuan pembahasan ini adalah memperoleh gambaran pelaksanaan pembelajaran berbasis e- learning di SMA 1 Sungai Tarab, serta mengetahui pemanfaatan dan hambatan yang dialami siswa dalam penerapan strategi ini dimasa pandemi serta mencari solusinya. Subjek penelitian ini dilakukan kepada beberapa siswa SMA 1 Sungai Tarab, data dikumpulkan dengan wawancara secara langsung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif berbasis studi deskriptif, maksudnya metode ini bertujuan untuk menguraikan secara apa adanya yang terjadi sesuai fakta dan temuan di lapangan. Adapun teknik pengumpulan data yang dipergunakan adalah wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam mengaplikasikan strategi pembelajaran dengan memanfaatkan E-learning ini terdapat beberapa hambatan yang terjadi saat pelaksanaan pembelajaran baik bagi guru maupun bagi siswa itu sendiri, seperti sumber daya manusia yang belum optimal dalam penerapan strategi berbasis E-learning ini. Bagi siswa terdapat hambatan seperti jaringan yang kurang bagus dalam mengakses internet, tidak semua siswa memiliki hp yang dapat mengakses internet, serta sebagian siswa ada yang kurang memahami materi yang diajarkan melalui pembelajaran berbasis E-learning ini, karena penjelasan guru yang hanya bersifat verbal.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, A. W., Achmad, N., & Fahrudin, N. C. (2020). Deskripsi Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Pembelajaran Daring Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar. Euler : Jurnal Ilmiah Matematika, Sains Dan Teknologi, 8(2), 36–41. https://doi.org/10.34312/euler.v8i2.10324
Abidin, Z. (2021). Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan Karakter Berbasis Agama, Budaya, Dan Sosiologi. Al-Afkar, 4(1), 181–202.
Amalina, A. (2020). Pembelajaran Matematika Anak Usia Dini di Masa Pandemi COVID-19 Tahun 2020. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 538. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.592
Arlinayanti, K. D. (2021). Penggunaan Aplikasi Zoom Meeting Pada Pembelajaran. 11(2), 142–148.
Asmuni. (2020). Jurnal Paedagogy : Jurnal Paedagogy : IkanJurnal Paedagogy: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendid, 7(4), 281–288.
Azzahra, R., Fitriani, W., Desmita, D., & Warmansyah, J. (2021). Keterlibatan Orang Tua di Minangkabau dalam PAUD pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3).
Dewi, T. A. P., & Sadjiarto, A. (2021). Pelaksanaan Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 5(4), 1909–1917.
Domino, P. (2018). Investasi Dalam Bidang Pendidikan Anak Untuk Meningkatkan Kualitas Kehidupan Keluarga. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 2(1), 77–85.
Elyas, A. H. (2018). Penggunaan model pembelajaran e-learning dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Jurnal Warta, 56(04), 1–11.
Fauzi, L. N., Susanti, S. A., & Wardani, M. K. (2021). Strategi Coping Stres Mahasiswa Selama Pembelajaran Daring. Jurnal Kajian Keislaman Multi-Perspektif, 1(2), 253–286.
Halik, A. (2021). Jurnal Edusciense Jurnal Edusciense. Jurnal Edusciense, 8(1), 1–11.
Handayani, R. (2020). Implementasi Fungsi Manajemen dalam Mengelola Kejenuhan Belajar Daring di Tengah Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Iain Padangsidimpuan). TADBIR (Jurnal Manajemen Dakwah), 2, 353–366.
Indy, R., Waani, F. J., & Kandowangko, N. (2019). Peran Pendidikan Dalam Proses Perubahan Sosial Di Desa Tumaluntung Kecamatan Kauditan Kabupaten Minahasa Utara. Holistik, Journal Of Social and Culture, 12(4), 1–21.
Karlina, L., Arisanty, D., & Adyatma, S. (2021). Faktor Kesulitan Belajar Geografi Siswa Sma Negeri di Kota Banjarmasin. PAKIS (Publikasi Berkala Pendidikan Ilmu Sosial), 1(2), 26–35. https://doi.org/10.20527/pakis.v1i2.4005
Lubis, M., Yusri, D., & Gusman, M. (2020). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis E-Learning (Studi Inovasi Pendidik MTS. PAI Medan di Tengah Wabah Covid-19). Fitrah: Journal of Islamic Education, 1(1), 1–18. https://doi.org/10.53802/fitrah.v1i1.1
Mawaddah, L. (2018). Well-being Siswa yang Diikutkan Banyak Kegiatan Bimbingan Belajar oleh Orang Tuanya. Proceedings of The ICECRS, 1(3), 265–276. https://doi.org/10.21070/picecrs.v1i3.1374
Mualim, R., & Saputra, M. F. (2021). Optimizing Online Learning during Covid 19 Pandemic in Junior High School. Journal of Islamic Education Students (JIES), 1(1), 19. https://doi.org/10.31958/jies.v1i1.3193
Mutaqinah, R., & Hidayatullah, T. (2020). Implementasi Pembelajaran Daring (Program BDR) Selama Pandemi Covid-19 di Provinsi Jawa Barat. Jurnal Petik, 6(2), 86–95. https://doi.org/10.31980/jpetik.v6i2.869
Nsafe, E., No, V., Covid-, M., Amalia, R. T., Fitrazhmara, T., Cahyanti, W. T., & Nagari, P. M. (2021). Prosiding National Seminar on Accounting , Finance , Pemanfaatan Transformasi Digital dalam Pembelajaran Akuntansi di. 1(4), 270–279.
Paisal. (2020). Jurnal Agama dan Kebudayaan. Jurnal Agama Dan Kebudayaan, 6(2).
Prijanto, J. H., & Kock, F. De. (2021). Peran Guru Dalam Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa Dengan Menerapkan Metode Tanya Jawab Pada Pembelajaran Online. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 11(3), 238–251.
Purwatiningsih, S. D., & Soelistyowati, D. (2021). Pembelajaran online sebagai solusi belajar di masa pandemi covid-19. Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia, 4(01), 51–59.
Sari, N. K., Hutabarat, M. S., Susanti, E., Sopyan, M., & Yudi, A. (2020). Strategi Penanaman Karakter Islami Pada Siswa MTS Swasta Al Manar Medan Johor (Studi Kasus Selama Pembelajaran Daring) Nona. Jurnal Pendidikan Islam, I(2), 147–164. https://doi.org/10.30596/al-ulum.v
Syaparuddin, S., Meldianus, M., & Elihami, E. (2020). Strategi Pembelajaran Aktif Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar PKn Peserta Didik. MAHAGURU: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 31–42.
Utami, E. (2020). Kendala dan Peran Orangtua dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, 471–479.
Warmansyah, J. (2020). Program Intervensi Kembali Bersekolah Anak Usia Dini Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 743. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.573
Yenedi, Y., & kadri, hanif al. (2019). Pengelolaan Sarana dan Prasarana Pendidikan. https://doi.org/10.31227/osf.io/k8v39
DOI: http://dx.doi.org/10.31958/atjpi.v2i2.3718
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Asnatul Husna
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
At-tarbiyah Al-mustamirrah: Jurnal Pendidikan Islam Indexed By:
at-Tarbiyah al-Mustamirrah: Jurnal Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.