Prosedur Pembelajaran PAI Berbasis E- LearningPada Masa Pandemi Covid – 19
Abstract
Pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia dan berdampak pada duniamembuat kementrian Pendidikan dan kebudayaan dan kementrian AgamaRepublik Indonesia menerapkan kebijakan belajar dan bekerja dari rumah (Workfrom home). Tujuan yang hendak di capai dalam penelitian ini adalah: (1) perencanaan pembelajaran PAI berbasis e-learningsaat pendemi covid-19, (2) pelaksanaan pembelajaran PAI berbasis e-learningsaat pendemi covid-19, (3) evaluasi pembelajaran PAI berbasis e-learningsaat pendemi covid-19 di SMPN 1 Pariangan .4) Untuk Mengetahui Pembelajaran PAI berbasis e-learningpada Masa Pandemi Covid-19 di SMPN 1 Pariangan Tahun 2020/2021. 5) Untuk Mengetahui Strategi Guru dalam Pembelajaran PAI berbasis e-learningpada Masa Pandemi Covid-19 di Masa Pandemi Covid-19 di SMPN 1 Pariangan Tahun 2020/2021. 6) Untuk Mengetahui Problematika dalam Pembelajaran PAI berbasis e-learningpada Masa Pandemi Covid-19 Tahun 2020/2021.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan melakukan wawancara, dokumentasi, dan observasi. Informan penelitiannya sendiri berjumlah 88 orang: guru mata pelajaran PAI, dan 87 siswa kelas VII. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi Pembelajaran ELearning pada saat pandemi Covid-19 di SMPN 1 Pariangan sudah mampu mengimplementasikan pembelajaran Elearning dengan baik. Hal ini dibuktikan dengan melakukan 3 tahapan: tahap pelaksanaan, tahap pelaksanaan dan tahapan evaluasi. Namun, terdapat beberapa kendala seperti belum maksimalnya sumber daya manusia dalam pembelajaran Elearning dan kuota internet yang terbatas bagi peserta didik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Firdaus, F. (2020). Implementasi dan Hambatan pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid 19. Utile: Jurnal Kependidikan, 6(2), 220–225. https://doi.org/10.37150/jut.v6i2.1009
Firmansyah, Y., & Kardina, F. (2020). Pengaruh New Normal Ditengah Pandemi Covid-19 Terhadap Pengelolahan Sekolah Dan Peserta Didik. Buana Ilmu, 4(2), 99–112. https://doi.org/10.36805/bi.v4i2.1107
Garini, A. W., Respati, R., & Mulyadiprana, A. (2020). Penggunaan Media berupa Digital pada Masa Pandemi di Sekolah Dasar. Pendadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(4), 186–191.
Ha, O., JM, N., & An, W. (2014). E-Learning Readiness Assessment Model in Kenyas’ Higher Education Institutions: A Case Study Of University of Nairobi. International Journal of Scientific Knowledge, 5(6), 29–41.
Hasanah, A., Sri Lestari, A., Rahman, A. Y., & Danil, Y. I. (2020). Analisis Aktivitas Belajar Daring Mahasiswa Pada Pandemi COVID-19. Karya Tulis Ilmiah (KTI) Masa Work From Home (WFH) Covid-19 UIN Sunan Gunung Djati Bandung Tahun 2020, 4–8. http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/30565
Hewi, L., & Asnawati, L. (2020). Strategi Pendidik Anak Usia Dini Era Covid-19 dalam Menumbuhkan Kemampuan Berfikir Logis. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 158. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.530
Ma, S. H. G., Parera, H. R., & Amrin, S. (2021). Kesiapan Guru Ekonomi Dalam Menghadapi Online Learning Di Kota Ende. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 33–46. http://jayapanguspress.penerbit.org/index.php/cetta/article/view/1232
Mallillin, L. L. D., Mendoza, L. C., Mallillin, J. B., Felix, R. C., & Lipayon, I. C. (2020). Implementation and Readiness of Online Learning Pedagogy: a Transition To Covid 19 Pandemic. European Journal of Open Education and E-Learning Studies, 5(2), 71–90. https://doi.org/10.46827/ejoe.v5i2.3321
Mualim, R., & Saputra, M. F. (2021). Optimizing Online Learning during Covid 19 Pandemic in Junior High School strategis , guna menekan laju penyebaran virus COVID-19 yang kian masif di antaranya Covid 19 yang menyebutkan bahwa faktanya tidak semua pelajar , terbiasa belajar. Journal of Islamic Education Students, 1(1), 19–27.
Munir Rita; Afrinursalim, Hanif, S. E. (2021). Students’ Views on the Use of WhatsApp during Covid-19 Pandemic: A Study at IAIN Batusangkar. IJELTAL (Indonesian Journal of English Language Teaching and Applied Linguistics), 5(Indonesian Journal of English Language Teaching and Applied Linguistics, 5(2), 2021), 323–334. http://ijeltal.org/index.php/ijeltal/article/view/740/pdf
Murtaza, G., Mahmood, K., & Fatima, N. (2021). Readiness for Online Learning during COVID-19 pandemic : A survey of Pakistani LIS students The Journal of Academic Librarianship Readiness for Online Learning during COVID-19 pandemic : A survey of Pakistani LIS students. The Journal of Academic Librarianship, 47(3), 102346. https://doi.org/10.1016/j.acalib.2021.102346
Pangondian, A., Roman, Insap Santosa, P., & Nugroho, E. (2019). Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Kesuksesan Pembelajaran Daring Dalam Revolusi Industri 4.0. Sainteks 2019, 1(1), 56–60. https://seminar-id.com/semnas-sainteks2019.html
Putri, R. N. (2020). Indonesia dalam Menghadapi Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 20(2), 705. https://doi.org/10.33087/jiubj.v20i2.1010
Siagian, H. S., Ritonga, T., & Lubis, R. (2021). Analisis Kesiapan Belajar Daring Siswa Kelas Vii Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Desa Simpang. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 4(2), 194–201.
Suci, R., & Yuliasma, Y. (2020). Penggunaan Alat Komunikasi Grup Whatsapp Dalam Pembelajaran Seni Tari Di Kelas VIII 1 SMP Negeri 2 Bukittinggi. Jurnal Sendratasik, 9(4), 63. https://doi.org/10.24036/jsu.v9i1.109552
Sugiyono. (2019). Statistik Untuk Penelitian. Alfabeta.
Warmansyah, J. (2020). Program Intervensi Kembali Bersekolah Anak Usia Dini Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 743. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.573
Winarsieh, I., & Rizqiyah, I. P. (2020). Peranan Guru dalam Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid – 19. Indonesian Journal of Teacher Education, 1(4)
DOI: http://dx.doi.org/10.31958/atjpi.v2i2.3863
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Azizah Febriza, Fadriati Fadriati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
At-tarbiyah Al-mustamirrah: Jurnal Pendidikan Islam Indexed By:
at-Tarbiyah al-Mustamirrah: Jurnal Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.