Pelaksanaan Metode Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an di Talamau Tahfidz Centre (TTC) Talu, Pasaman Barat
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Al-Munawar, S. A. H. (2016). Metode kritik matan hadis menurut pandangan muhadditsin mutaqaddimin. Ushuluna: Jurnal Ilmu Ushuluddin, Vol. 2 No., 148–165. https://doi.org/https://doi.org/10.15408/ushuluna.v2i1.15177
Dian Citra Murti, W. S. H. (2017). Peran Daya Juang dengan Prestasi Tahfidzul Quran. Indigenous: Jurnal Ilmiah Psikologi, Vol. 2(1), 60–66. https://doi.org/https://doi.org/10.23917/indigenous.v2i1.4983
Fatih, M. (2019). Inkremental analisis tentang desain, strategi, metodologi dan motivasi menghafal Al-Qur’an bagi tahfiz pemula. Progressa: Journal of Islamic Religious Instruction, 2(1), 1–11. https://doi.org/10.32616/pgr.v2.1.103.1-11
Gade, F. (2014). Implementasi Metode Takrār dalam Pembelajaran Menghafal Al-Qur’an. Jurnal Ilmiah Didaktika: Media Ilmiah Pendidikan Dan Pengajaran, XIV(2), 413–425. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22373/jid.v14i2.512
Harun Arrasyd, Adek Kholijah Siregar, P. P. (2020). Penggunaan Gadget Terhadap Hafalan Santri Di Pondok Pesantren Tahun 2020 Sekecamatan Batang Angkola Dan Angkola Muaratais Kabupaten Tapanuli Selatan. 5(2), 282–292. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31604/muaddib.v5i2.282-292
Hidayah, N. (2016). Strategi Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an di Lembaga Pendidikan. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 04(01), 63–81. https://doi.org/https://doi.org/10.21274/taalum.2016.4.1.63-81
Ilyas, M. (2020). Metode Muraja’ah dalam Menjaga Hafalan Al-Qur’an. AL-LIQO: Jurnal Pendidikan Islam, 5(01), 1–24. https://doi.org/10.46963/alliqo.v5i01.140
Isna Amalia Akhmar, Hana Lestari, Z. I. (2021). Metode Efektif Menghafal Al-Qur’anBagi Siswa Madrasah Ibtidaiyah(Sebuah Kajian Pustaka). El-Mujtama: Jurnal Pengabdian Masyarakat, Vol 1 No 1(41), 1–20. https://doi.org/https://doi.org/10.47467/elmujtama.v1i1.261
Masduki, Y. (2018). Implikasi Psikologis Bagi Penghafal Al-Qur’an Yusron. Medina-Te : Jurnal Studi Islam, Vol. 18 No, 18–35. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/medinate.v14i1.2362
Mashud, I. (2019). Meningkatkan Kemampuan Dalam Setoran Hafalan Al-Qur’an Melalui Metode Talaqqi Pada Siswa Kelas VI B Sekolah Dasar Islam Yakmi Tahun 2018. NATURALISTIC: Jurnal Kajian Penelitian Dan Pendidikan Dan Pembelajaran, Vol. 3 No., 347–358. https://doi.org/https://doi.org/10.35568/naturalistic.v3i2.397
Meirani Agustina, Ngadri Yusro, S. B. (2020). Strategi Peningkatan Minat Menghafal Al-Qur’an Santri di Pondok Pesantren Ar-Rahmah Curup. DIDAKTIKA: Jurnal Kependidikan, Vol 14, No, 1–17. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30863/didaktika.v14i1.749
Najib, M. (2018). Implementasi metode takrir dalam menghafal Al-Quran bagi santri pondok pesantren Punggul Nganjuk. Intelektual: Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman, 8(3), 335–342.
Oktapiani, M. (2020). Tingkat Kecerdasan Spiritual dan Kemampuan Menghafal Al- Qur ’ An. Tahdzib Al-Akhlaq: Jurnal Pendidikan Islam, Vol 3 No 1, 95–108. https://doi.org/https://doi.org/10.34005/tahdzib.v3i1.861
Prasetyawan, R. (2016). Metode Menghafal Al-Qur’an Di Pondok Pesantren Al Wafa Palangkaraya. http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/562/
Putri, A. S., & Uyun, Q. (2017). Hubungan Tawakal dan Resiliensi pada Santri Remaja Penghapal Al Quran di Yogkarta. Jurnal Psikologi Islam, 4(1), 77–87. https://jpi.api-himpsi.org/index.php/jpi/article/view/39
RAHMI, U. (2020). Strategi Guru Tahfizh dalam Memotivasi Peserta Didik Menghafal al- Qur ’ an di SD Semen Padang. Waraqat: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, V(2), 16–29. https://doi.org/https://doi.org/10.51590/waraqat.v5i2.112
Rahmi, Y. (2019). Metode Muraja ’ ah dalam Menghafal Al-Qur ` An di Pondok Pesantren Al-Mubarok Tahtul Yaman Kota Jambi. INNOVATIO: Journal for Religious Innovation Studies, XIX(1), 65–76. https://doi.org/https://doi.org/10.30631/innovatio.v19i1.78
Ratnasari Diah Utami1, Y. M. (2018). Kelebihan Dan Kelemahan Metode Talaqqi Dalam Program Tahfidz Al-Qur’an Juz 29 Dan 30 Pada Siswa Kelas Atas Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah. Profesi Pendidikan Dasar, 5(2), 185–192. https://doi.org/https://doi.org/10.23917/ppd.v1i2.7353
Sa’dulloh. (2008). 9 Cara Praktis Menghafal Al-Quran. Gema Insani Press. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=t7pg2GvRNHcC&oi=fnd&pg=PA25&dq=+9+cara+cepat+menghafal+Al-Qur’an&ots=eqy0XvKzaR&sig=keZS1mGsgYXwNPegscxLNWP1U0A&redir_esc=y#v=onepage&q=9 cara cepat menghafal Al-Qur’an&f=false
Shihab, M. Q. (2012). Tafsir Al-Lubab : Makna, Tujuan & Pelajaran Dari Surah-Surah Al-Quran. Lentera Hati. https://scholar.google.co.id/scholar?hl=en&as_sdt=0,5&cluster=8212639649518232971
Sugiyono. (2008). Metode penelitian pendidikan:(pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D). Alfabeta. https://scholar.google.com/scholar?cluster=10328650190657588078&hl=en&oi=scholarr
Supriono, I. A., & Rusdiani, A. (2019). Implementasi Kegiatan Menghafal Al-Qur’an Siswa Di Lptq Kabupaten Siak. Jurnal Isema : Islamic Educational Management, 4(1), 54–64. https://doi.org/10.15575/isema.v4i1.5281
Susianti, C. (2016). Efektivitas Metode Talaqqi Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al- Qur ’ An Anak Usia Dini. Tunas Siliwangi : Jurnal Program Studi Pendidikan Guru Paud Stkip Siliwangi Bandung, 2(1), 1–19. https://doi.org/https://doi.org/10.22460/ts.v2i1p1-19.305
Wardoyo, E. H. (2020). Penerapan Metode Menghafal dan Problematikanya dalam Pembelajaran Al-Qur’an. Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial Dan Budaya, Vol. 5 No., 307–324. https://doi.org/https://doi.org/10.32492/sumbula.v5i2.4276
Yusra, Y. (2019). Penerapan Metode Muraja’ah Dalam Pembelajaran Tahfizhul Qur’an Di Pondok Pesantren Tahfizhul Qur’an Imam Syafi’i Kota Bitung. Journal of Islamic Education Policy, Vol 4, No, 69–89. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30984/jiep.v4i2.1281
Zaenuri Zaenuri, A. T. (2017). Mudarasah Al-Qur’an Sebagai Dialog Santri Tahfidz Dengan Al-Qur’an Dalam Menjaga Hafalan (Studi Living Al-Qur’an). Hermeneutik : Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir, Vol. 11, N, 267–286. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21043/hermeneutik.v11i2.5563
DOI: http://dx.doi.org/10.31958/atjpi.v3i1.4080
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Adam Mudinillah, Nidya Wiken Aprilia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
At-tarbiyah Al-mustamirrah: Jurnal Pendidikan Islam Indexed By:
at-Tarbiyah al-Mustamirrah: Jurnal Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.