Pengembangan Kurikulum PAI Berbasis Multikultural
Abstract
Penulisan artikel ini bertujuan untuk mengindikasikan seluruh aspek PAI (materi al-Quran hadist, fiqh, akidah akhlak dan sejarah kebudayaan Islam) yang relevan dengan keragaman lintas budaya lokal. Penelitian ini menggunakan metode penelitian studi kepustakaan (library research). Tahapan penelitian yang dilakukan adalah pengumpulan data, pengolahan data dan interpretasi kesimpulan. Penelitian ini mengungkapkan bahwa pengembangan kurikulum PAI berbasis multikultural dapat menjadi salah satu solusi dalam penerimaan kebudayaan yang beragam dalam lingkup pendidikan agama Islam yang menggunakan berbagai pendekatan seperti dimensi materi, dimensi konstruksi pengetahuan, dimensi prejudice reduction, dimensi pendidikan yang adil dan dimensi pemberdayaan budaya sekolah dan struktur sosial guna menampilkan wajah toleran dalam bergama dan berbudaya.
Full Text:
PDFReferences
Ansori, Y. Z. (2019). Islam dan Pendidikan Multikultural. Jurnal Cakrawala Pendas, V(2), 113.
Elly M. Setiadi, H. K. (2006). Ilmu Sosial dan Budaya Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media.
Firmansyah. (2020). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Berbasis Multikultural. Anthropos : Jurnal Antropologi Sosial dan Budaya Vol.5 (2), 164-169.
Heriadi. (2020). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Berbasis Multikultural. Al-Wardah: Jurnal Kajian Perempuan, Gender dan Agama, 87-102.
Mansur, R. (2016). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Multikultural. Jurnal Ilmiah Vicratina, Vol. 10 (2).
Mellya Sari, A. (2020). Penelitian Kepustakaan (Library Research) Dalam Penelitian Pendidikan IPA. Natural Science, VI (1), 44.
Muhaimin. (2007). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Madrasah dan Perguruan Tinggi. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada.
Mulyono. (2019). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Multikultural. El-Wasathiya: Jurnal Studi Agama Vol.7 (1), 46-62.
Qomarudin, M. (2019). Model Pengembangan Kurikulum PAI Multikultural. Al-Itibar: Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 6 (2), 98-101.
Rusdiana, Y. S. (2015). Pendidikan Multikultural. Bandung: CV. Pustaka Setia.
Sya'bani, M. A. (2018). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Dalam Perspektif Pendidikan Nilai. Jurnal Tamaddun Vol. XIX (2), 101-114.
Taufik, N. (2023). Implementasi Pengembangan Kurikulum PAI Berbasis Multikultural. At-Tarbiyah: Jurnal Pendidikan, Kebudayaan dan Keislaman, 52-62.
Yusuf, A. (2019). Pengembangan Kurikulum PAI Berbasis Multikultural (Perspektif Psikologi Pembelajaran). AL-MURABBI: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol.4 (2), 251-274.
DOI: http://dx.doi.org/10.31958/atjpi.v4i1.6309
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Nurul Aulia Verona
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
At-tarbiyah Al-mustamirrah: Jurnal Pendidikan Islam Indexed By:
at-Tarbiyah al-Mustamirrah: Jurnal Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.